SOSIALISASI OLAHRAGA PETANQUE PADA MASYARAKAT DI KOMPLEK GOR SASANA ADHI KARSA BREBES
DOI:
https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i3.94Keywords:
Kata Kunci: Sosialisasi, Petanque, Rekreasi, OlahragaAbstract
Petanque yang berasal dari Perancis merupakan olahraga baru yang belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masih kalah dari sepak bola, bulu tangkis, bola basket, atau bola voli. Dari referensi dan observasi sosial yang dilakukan, sejumlah faktor penyebab bukan hanya relatif baru, tetapi juga karena petanque belum tersosialisasi secara luas, masif, dan merata. Sebagai fakta umum, beberapa orang memiliki sedikit pengetahuan sebelumnya dan tidak dapat membayangkan apa itu olahraga Petanque. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Petanque kepada masyarakat Kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilakukan di lapangan petanque tepatnya di Kompleks Gor Sasana Adhi Karsa Brebes. Materi yang diberikan dalam pengabdian ini adalah tentang teknik dan aturan yang digunakan dalam permainan petanque. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan metode demonstrasi terkait pelaksanaan permainan petanque. Dari kegiatan yang dilakukan diharapkan akan lahir atlet-atlet petanque profesional yang dapat mengikuti kejuaraan baik di tingkat daerah maupun nasional maupun internasional.
References
Kholik, A., & Zulham. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan Olahraga Petanque Untuk Guru-Guru Pjok Sd Dan Smp Di Kabupaten/Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada …, 2020, 154–167. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19632
Laksana, G. B., Pramono, H., & Mukarromah, S. B. (2017). Perspektif Olahraga Petanque dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports Universitas Negri Semarang, 6(1), 8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17319/8743
Yulianti, M., Apriani, L., Amelia, S., & Saifullah, S. (2022). Sosialisasi Olahraga Petanque Pada Siswa Smp Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(3), 2020–2022. https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8719