PELATIHAN PENERAPAN E-COMMERCE TOKOPEDIA UNTUK USAHA WARUNG KELONTONG MARTUBUNG KECAMATAN MEDAN LABUHAN

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chadisa Rizky Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alifa Adzra Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reitandi Reitandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fikri Haikal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.91

Keywords:

Manajemen Teknologi, Warung Kelontong, Tokopedia.

Abstract

Penelitian ini adalah kegiatan yang dilakukan mengabdi kepada masyarakat. Yang dilaksanakan di salah satu UMKM di Martubung Medan Labuhan yaitu Warung Kelontong Kak Ira dengan tujuan khusus pelaksanaan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses aplikasi Tokopedia kepada para pelaku usaha UMKM stand makanan dan melatih keterampilan para pelaku usaha dalam pengetahuan aplikasi Tokopedia. kegiatan ini menggunakan metode pengajaran secara langsung kepada masyarakat. dari kegiatan ini didapatkanlah hasil Pelaku usaha UMKM warung kelontong bisa mengetahui cara berbelanja online dengan memakai aplikasi Tokopedia.

References

Bhuana, S. (2019). Analisis Pengaruh Sikap, Desain Tampilan, Dan Citra Situs Terhadap Minat Belanja Pada Situs Belanja Daring Tokopedia Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Modus, 31(1), 48–60. Retrieved from www.cnnid.com,

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91. Retrieved from https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353

Harlinda, H., & Satra, R. (2022). Pemanfaatan E-Commerce untuk Penjualan Kripik Keladi UMKM Kripik Salongge’. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 3(1), 40–46. Retrieved from http://103.226.139.203/index.php/ILKOMAS/article/view/1089%0Ahttp://103.226.139.203/index.php/ILKOMAS/article/download/1089/416

Juliasari, N., Mulyati, S., & Amini, S. (2021). Pelatihan Wirausaha Menggunakan Tokopedia Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Bekerjasama dengan Rumah Keluarga Indonesia Kecamatan Karang Tengah - Kota Tangerang Entrepreneurship Training Using Tokopedia for Housewives in Cooperation with Rumah Keluarga Indonesia. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1, 70–76.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. doi: 10.33557/mbia.v20i1.1271

Unud, E. M. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN MELALUI MEDIA DENPASAR Nyoman Wisniari Savitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Seiring kemajuan teknologi berjualan tidak hanya dilakukan dengan tatap muka . Teknologi memberikan fas. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4214–4239.

Widianingsih, I. (2020). dengan Surat Keputusan Menteri Riset Dan Teknologi / Kepala Badan Riset Dan Inovasi Nasional DEWAN EDITORIAL Editor In Chief 1 . Ida Widianingsih , Scopus Author ID : 15924634700 , Pusat Studi Desentralisasi & Pembangunan Partisipatif , FISIP Universitas. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1–19. Retrieved from http://repository.ubaya.ac.id/39011/1/09 Peranan e-commerce Kumawula 2020.pdf

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Siti Aisyah, Chadisa Rizky Ananda, Alifa Adzra Siregar, Reitandi Reitandi, & Fikri Haikal. (2022). PELATIHAN PENERAPAN E-COMMERCE TOKOPEDIA UNTUK USAHA WARUNG KELONTONG MARTUBUNG KECAMATAN MEDAN LABUHAN. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(4), 139–143. https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.91