PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TAMBUN UTARA
DOI:
https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i3.86Keywords:
minat belajar, snowball throwing, pendidikan agama islamAbstract
Dalam dunia pendidikan model pembelajaran menjadi ujung tombak tercapainya tujuan pembelajaran. Permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya daya tarik minat siswa dalam pembelajaran, guru menjadi perancang strategi pembelajaran yang cocok digunakan di kelas, yang mana harus mengenal berbagai macam model pembelajaran yang kooperatif digunakan pada situasi pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran Snowball throwing. Dalam kegiatan pengabdian ini penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan melalui proses diagonis, perencanaan, pemantauan dan mempelajari pengaruh yang ditimbulkan. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yakni data dimulai dengan menelaah dari awal pengambilan data sampai seluruh data terkumpul. Tulisan ini berdasarkan temuan di SMA Negeri 1 Tambun Utara sebagai tempat pelaksanaan praktik kerja lapangan dan bahan penelitian penulis melaksanakan model pembelajaran ini di kelas XII IPS 3 yang memiliki kendala dalam proses pembelajaran membuat kurang minatnya belajar siswa karena model pembelajaran yang monoton. Hasil penelitian menggambarkan perbedaan nilai ketuntasan dari 3 tahapan proses penilaian yaitu penilaian siklus 1, penilaian siklus 2, dan penilaian siklus 3. penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Tambun Utara. Dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran snowball throwing ini berhasil.
References
Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5
Ariana, S. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi PAI Menggunakan Metode Snowball Throwing Pada Kelas III. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 115–121.
Fitriani, I. N., Al-Ghozali, M. D. H., & Ashoumi, H. (2019). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 JOMBANG. AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN, 8(2), 29–37.
Husen, M. Y. (2020). Belajar Aktual Dengan Snowball Throwing Teaching. CV. Jejak, anggota IKAPI. https://books.google.co.id/books?id=icX-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Kurnia, I. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN. Journal of Elementary Education, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2740
Kurniasari, R., & Rezania, V. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 33–38. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.33-38
Mukaromah, A., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Peningkatan Kreativitas Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Klirong. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 98–101.
Putra, A. T. A., & Sufiani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pembelajaran PAI di SMPN 23 Konawe Selatan. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(1), 23. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).23-32
Qowi, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Teknik Melempar Bola Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Journal on Education, 4(1), 62–73. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.405
Renni Handayani Sembiring. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-Nilai Religius Novel Munajat Cinta II” Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Oleh Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Proyek Univa Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Asas: Jurnal Sastra, 1(1).
Saputri, R. J., Sumpono, S., & Elvia, R. (2019). PERBANDINGAN HASIL DAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK PADA KURIKULUM-2013 DI SMAN 10 KOTABENGKULU. ALOTROP, 2(2). https://doi.org/10.33369/atp.v2i2.7489
Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. Br. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 1311–1323. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2152
St Aminah Abusaman. (2022). Snowball Throwing dan Penerapannya. Tangguh Denara Jaya.