Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Tambun Utara

Authors

  • Bunga Okta Maula Ikami Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.82

Keywords:

model pembelajaran, keaktifan siswa, pendidikan agama islam

Abstract

Penelitian ini memiliki maksud untuk menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada materi pelajaran PAI  kelas XII di SMAN 1 Tambun Utara. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang diambil dari subjek 35 siswa kelas XII melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persoalan siswa yang cenderung bosan saat belajar, kurang memiliki kepercayaan diri dan keberanian dalam menyampaikan materi pembelajaran ternyata menjadi penghambat dalam meningkatkan keaktifan belajar di kelas. Pemberian model pembelajaran Jigsaw menjadikan siswa untuk memiliki sikap kerja sama antar teman dengan saling menghargai satu sama lain dan tidak membeda-bedakan dan memberikan ruang untuk siswa berdiskusi mengenai materi atau pertanyaan yang menjadi tanggungjawabnya, menampilkan keberanian dan kepercayaan diri untuk mengungkapkan jawaban, sehingga mampu untuk meningkatkan keaktifan siswa saat belajar di kelas. Maka dari itu model pembelaajran Jigsaw bisa menjadi alternatif strategi pembelajaran untuk diterapkan bagi guru PAI saat menjelaskan dan mempelajari pelajaran PAI. 

 

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Adib, M. A. (2022). Transformasi Keilmuan Dan Pendidikan Agama Islam Yang Ideal Di Abad-21 Perspektif Rahmah El Yunusiyah. 8(2), 15.

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Angelia, Y., & Hasan, I. (2017). Merantau dalam Menuntut Ilmu (Studi Living Hadis oleh Masyarakat Minangkabau). Jurnal Living Hadis, 2(1), 67. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1316

Aqillah, N., & Nur, I. R. (2018). The Implementation of Jigsaw Learning in Improving VII Grade Students’ Achievement MTsN Kedungharjo Mantingan for Sejarah Kebudayaan Islam Subject. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 41. https://doi.org/10.21111/educan.v2i1.1971

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. 2.

Ayatullah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata pada Kelas IV SDN 3 Sepit Tahun Pelajaran 2017/2018. FONDATIA, 2(2), 61–82. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127

Fadjriah, L. N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi. 7(3).

Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’ Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hamzah, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking bagi Siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. 6.

Hasan, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pai Di Smk Kartika Grati Kabupaten Pasuruan.

Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. 4(2), 19.

Mulyanasa, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT. Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Ix SMPN 1 Prambon Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3), 357–568. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.729

Palupi, M. T. (2020). HOAX: PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN EDUKASI DI ERA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MUDA. Jurnal Skripta, 6(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.645

Rahayu, S. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Rahmat. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Bening Pustaka.

Rahmatulloh, D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Penerapan Metode Jigsaw dalam Materi PAI Meneladani Kemuliaan Rasul Allah SWT di SMPN 1 Karawang Timur. FONDATIA, 6(3), 631–648. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2035

Riadi, F. S., Yahya, R. N., Dewi, S. L., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Daya Berpikir Kritis Siswa. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 56–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.315

Salirawati. (2018). Smart Yeacher Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.

Shalihah, R., & Hamzah, M. H. (2020). Analisa Kualitas Hadis Anjuran Menuntut Ilmu Sampai Cina.

Sholehah, A., Anggraini, F. S., & Rofiq, M. H. (2022). Analisis Implementasi Metode Jigsaw dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs The Noor Pacet-Mojokerto. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 14–25. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.368

Susilawati, N. (2013). Kelompok Belajar Sebagai Modal Sosial Belajar Siswa Di Sekolah. Humanus, 12(1), 11. https://doi.org/10.24036/jh.v12i1.3099

Tiwery, B. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran dalam Pe erapan Pembelajaran HOTS. Media Nusa Kreatif.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Yulismnaniar, L. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 13 Bathin Solapan Tahun Pelajaran 2020/202.

Zukin, A. (2022). Stategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(1), 15–29. https://doi.org/10.36835/edukais.2022.6.1.15-29

Zulfa, L. N. (2018). Penerapan Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran Ski Pada Kelas Viii Di Mts N Karangawen Demak (Studi Eksperimen). Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 6(1). https://doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2208

Zulmiani, N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab Kitab-Nya Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 001 Tarempa Tahun Pelajaran 2019/2020. 7.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Bunga Okta Maula Ikami, & Yayat Suharyat. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Tambun Utara. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(4), 54–66. https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.82