PKM Pelatihan Penggunaan Turnitin dalam Menghindari Plagiasi Bagi Mahasiswa STEBI Badri Mashduqi

Authors

  • Moh. Rofiki Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Fathor Rohman Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Eka Diana Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Hidayatullah Hidayatullah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Ahmad Rifki Harianto Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Syaiful Hadi Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.81

Keywords:

karya ilmiah, mahasiswa, plagiasi, turnitin

Abstract

Abstrak

Dewasa ini, berbagai artikel dapat dicari dan diunduh melalui platform yang terkoneksi dengan internet dengan bebas dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi kemudahan tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan dan etika dalam menulis karya ilmiah sehingga terindikasi plagiasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan tim, masih terdapat sebagian besar mahasiswa dalam penyusunan karya tulis ilmiah baik makalah dan artikel asal jiplak tanpa menuliskan sumbernya, tidak melakukan parafrase serta tidak melakukan pengecekan dengan aplikasi turnitin sehingga terdeteksi plagiasi. Pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan pendampingan melalui lima tahapan yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, pendampingan serta evaluasi. Hasil pengabdian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa dengan adanya pelatihan memberikan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap penggunaan turnitin sebagai alat dalam pengecekan tingkat kesamaan sehingga terhindar plagiasi. Hal tersebut didasarkan atas perbandingan hasil pre test dan post test peserta pelatihan yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pelatihan.

 

References

Andayani, U. (2017). Penggunaan Software Turn It In untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme. Al-Maktabah: Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, 16(1), 33–40.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.07

Falah, S. (2019). Pelatihan Mendeley dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal: The Commen, 2(2), 105–107. https://doi.org/10.52062/.v2i2.2155

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi, 5(2), 213–220. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15334

Manullang, M., Erma, Z., Razali, M., Tampubolon, M., Sitepu, E., & Agung, U. D. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Turnitin Bagi Dosen Dalam Upaya Menghindari Plagiarisme. Journal Liaison Academia and Society (J-LAS), 1(2), 26–33.

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.114

Prabowo, A. (2018). Peran Pustakawan UPT Perpustakaan Dian Nuswantoro dalam Literasi Layanan Turnitin Kepada Dosen dan Mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2), 419. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4097

Rofiki, M., Sholeh, L., & Akbar, A. R. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah Atas di Era New Normal. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4057–4065. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1327

Rofiki, M., Zubaidi, A., Subki, I., & Sholeh, L. (2021). PKM Pendampingan Pengurus dalam Membentuk Santri Berkarakter Jujur di Asrama MI Nurul Mun’im Pondok Pesantren Nurul Jadid. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 989–1001. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.3131

Sinaga, S. Y. (2018). Penggunaan Aplikasi Turnitin Sebagai Sarana Cek Plagiarisme dalam Layanan Perpustakaan Universitas Ukrida. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 123–131. https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p123

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2015). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru Pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal ABDI, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p1-7

Umaroh, L., & Teguh, T. (2021). Implementasi Turnitin untuk Memaksimalkan Orisinalitas Karya Ilmiah di Jurusan Aqidah Filsafat Islam IAIN Tulungagung. Al-Maktabah, 6(1), 37–49.

Widiawati, C. R. A., Hartato, B. P., Waluyo, R., & Kusumaningtyas, D. (2022). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Turnitin dan Mendeley untuk Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah. Abdimasku, 5(3), 533–541.

Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13525

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Moh. Rofiki, Fathor Rohman, Eka Diana, Hidayatullah, H., Ahmad Rifki Harianto, & Syaiful Hadi. (2022). PKM Pelatihan Penggunaan Turnitin dalam Menghindari Plagiasi Bagi Mahasiswa STEBI Badri Mashduqi. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(4), 40–53. https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i4.81