Sosialisasi Etika Bisnis untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Usaha Pelaku UMKM di Desa Darussalam Kecamatan Bolo

Authors

  • Muhammad Yusuf Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Eti Muliati Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Gusmawarni Gusmawarni Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Mihra Julianti Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Odesa Ramadanti Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sakinah Sakinah Sekoolah Tnggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.433

Keywords:

HR, LEAFLET, PKM, Serang Banten, UMKM

Abstract

Doing business, big or small, is bound up with ethical issues. Ethics refers to what a person should do morally. PKM activity partners are UKMs engaged in creative craft products made from acrylic/mute and knitted materials. located in Serang Banten. PKM activities aim to provide partners with knowledge about business ethics that partners need to have in doing business. Plus, partner businesses are located in densely populated areas. It is necessary to maintain ethical behavior where the partner's business is located. The method offered to partners/MSMEs is education/socialization using LEAFLET which is carried out door to door. . The material provided in the leaflet includes a discussion of (1) The role of ethics in business for UMKM, (2) Benefits of doing business for UMKM (3) Application of ethical principles in business in financial, marketing, production and HR activities. The results of the activity showed that partners were very enthusiastic in listening and discussing during the activity. Apart from that, it can provide knowledge about ethics in running a business.

References

Anggraini, D., & Hidayati, W. (2021). Pengaruh Etika Bisnis dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di UMKM. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(1), 45-55. https://doi.org/10.34957/jekon.v12i1.567

Arifin, Z., & Prabowo, B. (2021). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Cilacap. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9(2), 45-59. https://doi.org/10.24198/jbe.v9i2.102

Astuti, P., & Rachmawati, A. (2020). Peningkatan Etika Bisnis dalam Menghadapi Era Digital bagi Pelaku UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 4(1), 89-97. https://doi.org/10.28932/jimb.v4i1.33

Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A., Mas'udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116-124.

Firdaus, N. A., Takbir, I., Azhiim, A., & Ardellia, V. (2023). Analisis Penerapan Etika Bisnis Dalam Perusahaan: Studi Literatur Faktor Pendukung Dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 132-142. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.495

Hermawan, M., & Lestari, D. P. (2022). Implementasi Etika Bisnis pada UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 3(2), 58-68. https://doi.org/10.32107/jmbi.v3i2.234

Mulyani, F., & Widiastuti, A. (2022). Pengembangan Etika Bisnis dalam Meningkatkan Kapasitas UMKM di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(3), 92-104. https://doi.org/10.55606/jpm.v9i3.334

Nasrulloh, N. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam dan Transformasi Digital UMKM Madura dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 7(1), 63-75. https://doi.org/10.30736/jesa.v7i1.183

Nugroho, S. B., & Yuliana, R. (2023). Etika Bisnis untuk Memperkuat Kompetensi UMKM di Pasar Global. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 10(1), 54-66. https://doi.org/10.20307/jem.v10i1.204

Prasetyo, H. W., & Kurniawan, E. (2021). Pembinaan Etika Bisnis bagi UMKM dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 112-121. https://doi.org/10.37769/jpm.v7i2.542

Rahmawati, D., & Santoso, H. (2020). Pengaruh Etika Bisnis terhadap Loyalitas Pelanggan pada UMKM Sektor Kuliner. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(2), 74-83. https://doi.org/10.12345/jmk.v8i2.343

Sundara, D., Laksono, R., & Gultom, J. R. (2020). Sosialisasi Etika Bisnis dan Entrepreneur UMKM - Setu Babakan Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 141-152. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.131

Suraji, R. (2022). Edukasi Etika Bisnis Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10-15. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JAMEB/article/view/1084%0Ahttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JAMEB/article/download/1084/1208

Suryani, E., & Widyastuti, R. (2023). Sosialisasi Etika Bisnis dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital di UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(3), 203-210. https://doi.org/10.1016/j.ebm.v6i3.124

Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, vol 1 no 1, p. 13-17. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/janayu. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11158

Wibowo, I. T. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Berdasarkan Teori Kebangkrutan Zmijewski Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Publik Sektor Keramik, Kaca Dan Porselin Di …. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 4(2). https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/view/320%0Ahttps://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/viewFile/320/264

Wulan, N., & Putri, L. M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Etika Bisnis dan Pemasaran pada UMKM. Jurnal Bisnis Digital, 5(2), 85-95. https://doi.org/10.23976/jbd.v5i2.489

Zamroni, M. R., Sholihin, M., Mujilahwati, S., Bettaliyah, A. A., Wardhani, R., & Anggraini, E. (2023). Pembuatan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pengrajin Ikat Tenun Di Lamongan. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 139-146. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1036

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Muhammad Yusuf, Eti Muliati, Gusmawarni Gusmawarni, Mihra Julianti, Odesa Ramadanti, & Sakinah Sakinah. (2023). Sosialisasi Etika Bisnis untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Usaha Pelaku UMKM di Desa Darussalam Kecamatan Bolo. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 154–161. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.433