Peningkatan Kesadaran Pendidikan Bagi Pelajar Melalui Kelompok Belajar Di Desa Sianting-anting
DOI:
https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.122Keywords:
kelompok belajar, Pengabdian Kepada Masyarakat, peningkatan kesadaran pendidikanAbstract
Pendidikan merupakan proses mengembangkan diri baik secara individu maupun secara kelompok. Tingkat partisipasi pendidikan masyarakat merupakan salah satu tolak ukur kecerdasan dan kemajuan suatu negara bagi negara lain. Sekolah merupakan salah satu fasilitas untuk memperoleh pendidikan, namun karena banyaknya jumlah siswa/siswi yang berada di satu kelas membuat guru tidak bisa membimbing satu persatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan bimbingan belajar kepada pelajar SD di Desa Sianting- anting. Metode yang digunakan adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim pengabdian. Kelompok belajar dilakukan dengan mengajarkan kepada pelajar tentang literasi, numerasi dan melakukan sosialisasi peningkatan kesadaran pendidikan masyarakat. Setelah mendapatkan bimbingan kelompok belajar dan sosialisasi peningkatan kesadaran pendidikan dari tim pengabdian, siswa/ siswi lebih memahami arti pentingnya kesadaran pendidikan dan lebih memahami materi literasi dan numerasi dalam pembelajarannya. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi tim pengabdian masyarakat lainnya dalam meningkatkan kesadaran pendidikan masyarakat.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Harsanto, Radno. 2007. “ Pengelolaan Kelas yang Dinamis” Yogyakarta : Kanisius International Journal of Environmental & Science Education Vol.3, No.4, Oktober 2008, 193 – 206
Ibrahim. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif. http://id.wikipedia.org./wiki/ (diakses tanggal 19 Februari 2013).
Pratikno. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Kelompok terhadap
Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Cahyana Kecamatan Rembang Purbalingga tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi. Yogyakarta: FI)P UNY
Slameto, S. (2015). Rasional dan elemen perubahan kurikulum 2013. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 1-9.