Praktik Baik Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih (Poliber) Serta Motivasi Belajar Anak Di Desa Durian Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang

Authors

  • LastiomaTiarma Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen
  • Bernike Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Yunita sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Milka Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen
  • Dinaria br. Tambunan Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.119

Keywords:

Kebersihan, Motivasi

Abstract

Lingkungan bersih dan motivasi belajar adalah dua hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Lingkungan yang bersih dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi kita, sementara motivasi belajar akan memacu kita untuk belajar lebih baik dan mencapai prestasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, menjaga lingkungan bersih dapat menjadi faktor penting dalam memotivasi kita untuk belajar. Dalam lingkungan yang bersih, kita dapat belajar dengan lebih tenang dan fokus, tanpa gangguan dari bau dan polusi. Selain itu, lingkungan yang bersih juga dapat meningkatkan kesehatan kita, sehingga kita dapat belajar dengan lebih optimal. Oleh karena itu, menjaga lingkungan bersih dan memotivasi belajar adalah dua hal yang saling terkait dan dapat saling mempengaruhi.

References

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Baswedan, A. (2019). Memotivasi Anak untuk Belajar: Kiat Sukses dalam Membangun Karakter Pendidikan Anak. Gramedia Pustaka Utama.

Baswedan, A. (2019). Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Jakarta yang Lebih Baik. Gubernur DKI Jakarta.

Fajri, A. (2021). Pandemi Covid-19 dan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Pola Hidup Bersih. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(1), 12-23.

Fitriani, U. (2020). Kebersihan Lingkungan Melalui Model Bank Sampah. Skripsi Universitas Siliwangi.

Goldstein, J. (2015). Mindfulness: A Practical Guide to Awakening. Sounds True.

Happiness: A Handbook for Living. Penguin Books.

Hardiana, D. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Buana, 5(2), 496–506.

Iskandar, A. A. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan Dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah Pena, 1, 79–84.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2020). Pedoman Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Kehidupan Berkelanjutan. Kementerian LHK RI.Dalai Lama. (2017). The Art of

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110–117.

Pemerintah Indonesia. (2020). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kementerian Kesehatan RI.

Sardiman AM. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. JAKARTA : Rajawali Pers.

Seligman, M. E. P. (2011). Flourish: A Visionary New Understanding of Happiness and Well- being. Atria Books.

Subrata, I. (2013). Perilaku Negatif Merusak Lingkungan Hidup. CV Niaga Buku Pendidikan.

United Nations Environment Programme. (2021). Global Environment Outlook 6. Cambridge University Press.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

LastiomaTiarma Lumban Gaol, Bernike Sinaga, Yunita sinaga, Milka Simanjuntak, Sarma Panggabean, & Dinaria br. Tambunan. (2023). Praktik Baik Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih (Poliber) Serta Motivasi Belajar Anak Di Desa Durian Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 98–107. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.119