Pemberdayaan Rumah Literasi dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 5.0 Di Desa Jayasari

Authors

  • Ai Teti Wahyuni STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Irpan Ilmi STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Dasep Supriatna Ubaidillah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Lia Hanafiah STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Selly Setiawati STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Muhammad Anjar Yana STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Muhamad Luthfi Aditiya Hidayat STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.116

Keywords:

Pelatihan, Blog, Pembelajaran, Guru.

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi telah membuka kesempatan yang begitu besar bagi masyarakat terkhusus bagi dunia pendidikan. Oleh karenanya pemetaan kondisi tentang pola interaksi siswa sekolah dasar dengan perangkat teknologi informasi serta bagaimana sekolah menghadapi perkembangan era digital dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menelusuri tentanng pemberdayaan rumah literasi dalam upaya meningkatkan semangat belajar siswa di era revolusi Industri 5.0 yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Adapun teknik pemberdayaan ini dengan mengadakan rumah literasi di sebuah rumah di dea Jaysari, yang mana peneliti mengambil beberapa jurnal dan buku sebagai bahan referensi utama dalam penelitian ini. Rumah Literasi adalah wadah bagi anak-anak, pemuda, untuk belajar dan meningkatkan minat literasi. Adanya rumah literasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memersiapkan anak-anak usia belajar dalam menghadapi tantangan revolusi industri 5.0. Sebagai pusat sumber belajar, program Rumah Literasi ini kami laksanakan dengan membentuk kegiatan- kegiatan edukatif yang terdiri dari fun learning, bimbingan belajar Malingping dan learning motivation. Dari adanya rumah literasi ini, terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan, tumbuhnya motivasi anak dalam mewujudkan cita-cita di era Revolusi Industri 5.0, serta meningkatnya minat baca anak. Pengabdian program Rumah literasi ini membuktikan bahwa program semacam ini dibutuhkan oleh masyarakat karena kemanfaatannya yang cukup banyak. Oleh karena itu diharapkan kepada para akademisi untuk menyalurkan ilmu dan pengetahuannya kepada masyarakat secara langsung agar terjadi perubahan secara nyata di masyarakat.

References

Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1.

Ślusarczyk, B. (2018). Industry 5.0 – Are we ready? Polish Journal of Management Studies, 17.

Sunandar U. (2021). Peranan Tokoh Masyarakat Dan Kesadaran Orangtua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi Penelitian, 2.

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7.

Sunandar U. (2021). Peranan Tokoh Masyarakat Dan Kesadaran Orangtua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi Penelitian 02, no 7 (2021), 4-5.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Ai Teti Wahyuni, Irpan Ilmi, Dasep Supriatna Ubaidillah, Lia Hanafiah, Selly Setiawati, Muhammad Anjar Yana, & Muhamad Luthfi Aditiya Hidayat. (2023). Pemberdayaan Rumah Literasi dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 5.0 Di Desa Jayasari. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.116