Pelatihan Mengolah Botol Plastik Dan Kertas Karton Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Siswi Di SD Grace Baptis School Batam

Authors

  • Haposan Simanjuntak Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Ardianto Lahagu Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Rita Evi Malinda Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Dewi Lidya S Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Damai Putra Gulo Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Nia Lorena Br Hutagalung Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Bestiniat Harefa Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Eldayasvin Harefa Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Asmanto Asmanto Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Clara Alexandra Griapon Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam
  • Hertina Mewani simangunsong Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia
  • Helentina Sihotang Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.115

Keywords:

Pelatihan, Kreativitas, Peserta didik.

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan tridahrma kampus dan memberi pelatihan bagi siswa/siswi SD Grace Baptis School Batam tentang  membuat kerajinan tangan dari botol plastik dan karton kertas. Hal Yang membuat tim megangkat tema ini adalah hasil tinjauan di lapangan dimana peserta didik masih minim dalam berkreativitas atau membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan sederhana seperti botol plastik dan kertas karton yang mudah di temukan di lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaan PkM ini tim melakukan beberapa tahap sebagai berikut ; Tahap awal, dimana tim melakukan survei pada lapangan kemudian menyusun seluruh rangkain kegiatan. Tahap Kedua, pada tahap ini dimana Tim memberi pelatihan bagi siswa/I melalui pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan membuat kreativitas atau kerajinan tangan dari botol plastik dan kertas karton. Tahap Ketiga, Dalam tahap ini waktunya tim melakukan evaluasi dalam mengukur keberhasilan seluruh kegiatan. Melalui kegiatan ini peserta didik memiliki pengetahuan yang luas tentang kreativitias dan menumbuhkan inovasi baru dalam membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan sederhana.

References

Damayanti, Fitri, and Titin Supriyatin. “Bercocok Tanam Dengan Sistem Hidroponik Berbasis Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik.” Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas) 4, no. 1 (2020): 9–19.

Go Heeng, Rita Evimalinda, Ristina Pasaribu, Sepril Oksar Saroro, Kelfinus Daya, and Yohana Enggrid Siregar Dirinus Elabi, Suyanti Pardosi, Flora Susanti Barus8, Yeni br Tarigan, Juni Sitompul, Trisai Lumban Gaol. “Pemberdayaan Kognitif Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Sampah Anorganik Kepada Siswa SD Pondok Kasih Batam.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 2, no. 1 (2013): 12–26.

Setiorini, Indah Lestari. “Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Desa Paowan.” INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 2, no. 1 (2018): 53.

Sulistiyani, Rina. “Pelatihan Daur Ulang Sampah Botol Plastik Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Dan Kreativitas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS 1, no. 1 (2022): 10–21.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Haposan Simanjuntak, Ardianto Lahagu, Rita Evi Malinda, Dewi Lidya S, Damai Putra Gulo, Nia Lorena Br Hutagalung, Bestiniat Harefa, Eldayasvin Harefa, Asmanto Asmanto, Clara Alexandra Griapon, Hertina Mewani simangunsong, & Helentina Sihotang. (2023). Pelatihan Mengolah Botol Plastik Dan Kertas Karton Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Siswi Di SD Grace Baptis School Batam. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.115