PEMBAURAN SOSIAL MELALUI PROYEK MODERASI BERAGAMA DI ORGANISASI BEM SE KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Pebi Erika STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria E. W STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

Keywords:

Pembauran sosial, mahasiwa Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), toleransi, moderasi beragama.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana pembauran sosial antar mahasiswa yang memiliki keanekaragaman dalam setiap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan pembauran sosial yang terjadi dimahasiswa- mahasiswa organisasi BEM se Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sebagai informan kunci dari penelitian ini adalah 10 orang presiden Mahasiswa dari setiap  BEM kampus seKota Palangka Raya. Uji keabsahan data perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles  and Huberman theory yang mencakup tiga tahap, yaitu dengan  mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa mampu memiliki cara pandang tepat dan memahami toleransi, terutama untuk saling menghargai, menerima perbedaan, tolong menolong dan bekerja sama, serta mermahami peran sebagai mahasiswa terutama organisasi tiap BEM kampus dalam memelihara pembauran sosial yang tepat, sehingga mampu menjadi pelopor moderasi beragama masa kini.

References

Akhmadi, A. .2019. Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. JurnalDiklat Keagamaan, 13 (2).

Casram. 2016. Membangun sikap toleransi beragama dalam masyarakat plural. Wawasan: Jurnal ilmiah agama dan sosial budaya, 1(2), 187-198.

Digdoyo, Eko. (2018). Kajian isu toleransi beragama, budaya, dan tanggungjawab sosial media. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(1), 42 – 59.

Gordon. Sheila C dan Benjamin arenstein. 2017. “ Interfaith Education”: A new Model for Today’s Interfaith Families”. (Sringer Science+Business: Media Dordreccht and UNESCO Institute for Lifelong Learning. Pp. 192.

Jannah, Miftahul, dkk. 2022. Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD dalam Penerapan Moderasi Beragama di IAIN Pekalongan. Ulumudin Jurnal Ilmu-Ilmu keIslaman.

Kamus besar Bahasa Indonesia. Diakses melalui https://kbbi.web.id/baur, diunduh pada tanggal 20 Agustus 2022

Meiza,A. 2018. Sikap Toleransi dan tipe kepribadian Big Five pada Mahasiswa UIN sunan Gunung Djati Bandung. Psympatic: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1), 43-58

Moderasi. https://kbbi.web.id/moderasi, diunduh pada tanggal 26 Agustus 2022.

Molan, Benyamin. 2016. Multikulturalisme Cerdas Membangun Hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis. Jakarta: PT Indeks.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deksriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Gp Press Group.

Sodik, Fajri. 2020. Pendidikan Toleransi dan relevansinya dengan Dinamika Sosila Masyarakat Indonesia”. TsamratulFikri. Jurnal studi Islam.

Susanto, Susanto,dkk. 2022. Religious Moderation Education in The Perspective of Millenials Generation in Indonesia. Al-ISHLAH: Jurnal Pendidikan.

Tajuddin, Muhammad Saleh., dkk. 2016. Berbagai kasus konflik di indonesia:dari isu non pribumi, isu agama, hingga isu kesukuan. Sulesna, 10(1), 63-72.

Tim Penyusun Kementrian Agama. 2019. MODERASI BERAGAMA. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Usman, M., dan Widyanto, Anton. 2019. Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sma negeri 1 lhokseumawe, aceh, indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 36-52.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Pebi Erika, & Paulina Maria E. W. (2022). PEMBAURAN SOSIAL MELALUI PROYEK MODERASI BERAGAMA DI ORGANISASI BEM SE KOTA PALANGKA RAYA . Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 8(2), 21–32. Retrieved from https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/97