PENERAPAN NILAI PINTAR TUNTANG HARATI UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU BULLYYING PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 MUARA TEWEH
Keywords:
Bullying, pintar tuntang harati, pribadi yang unik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai pintar tuntang harati pada materi aku pribadi yang unik untuk meminimalisir perilaku bullying pada siswa kelas VII di SMPN 1 Muarateweh. Masalah yang didapat peneliti adalah perilaku bullying yang dilakukan oleh para siswa baik itu bullying verbal seperti mengejek fisik sampai dengan perlakuan kasar seperti memukul. Hal tersebut menjadi keprihatinan pihak sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa beragama Katolik kelas VII yang berjumlah 10 orang. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Muarateweh. Waktu penelitian dilaksanakan mulai dari 10 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2022. Data dikumpulkan melalui angket tentang perilaku bullying. Data pendukung penelitian ini didapat dengan menggunakan metode wawancara singkat dengan guru agama katolik dan guru bimbingan konseling. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai pintar tuntang harati yang diberikan oleh guru dalam materi aku pribadi yang unik dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang perilaku bullying dan meminimalisir perilaku bullying yang terjadi di SMPN 1 Muarateweh.
References
Azwar, Welhendri dan Yuli Permata. 2017, Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat, Padang: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.
Diananda, Amita. 2018, Psikologi Remaja dan Permasalahannya, Tangerang: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.
Goa, Loren. 2018. Pelayanan Pastoral Bagi Sesama Yang Membutuhkan, Malang: Jurnal Kateketik dan Pastoral.
Gunawan, Widodo. 2018. Pastoral Konseling: Deskripsi Umum dalam Teori dan Praktik. Ungaran: Jurnal ABDIEL.
Kurniasih, Nia. 2012. Pengaruh Pola Pergaulan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Munawaroh, Eem dan Mulawarman. 2016. Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Wardhana, Katyana. 2014, Buku Panduan Melawan Bullying, Jakarta: Sudah Dong
Yusuf dan Fahrudin. 2012. Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial. Semarang: Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Zain Zakiyah, Ela dkk. 2017, Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying, Banten: Jurnal Penelitian dan PPM