KERJA SAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN IMAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 NGENYAN ASA KABUPATEN KUTAI BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Rusdi Rusdi Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya
  • Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.58374/sepakat.v7i2.74

Keywords:

Cooperation, Teachers, Parents, Faith Development.

Abstract

This study aims to describe the cooperation of parents and teachers in developing students' faith in Ngenyan Asa Junior High School 2, West Kutai Regency in the Academic Year of 2020/2021. Through this study, collaboration between parents and teachers is one way to develop students' faith. This research is also to look further into the forms of cooperation carried out by parents and teachers and to describe the obstacles experienced by teachers and parents in developing students' faith.

 

The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. Data were obtained by using interview and documentation methods. The research informants were 20 people. They are one principal, one Catholic religion teacher, nine students in grade VIII and nine parents of the students. The data analysis technique used is the Miles and Huberman technique which has three steps such as data reduction, data presentation, and conclusions.

References

Aji, Slamet Rianto. 2016. Perkembangan Iman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Anggara, Ardi. 2019. Peran Orangtua dalam Pendidikan Siswa Usia Dini. Skripsi. Palangkaraya: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Bikan, Karolina. 2006. Kesadaran Orang tua Akan Pentingnya Pendidikan Iman Siswa dalam Keluarga Katolik Stasi Florentinus Babarsari Paroki Baciro Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Dano, Daniel. 2019. Arsip SMPN 2 Ngenyan asa. Kabupaten Kutai Barat

Darmawijaya. 2011. 12 Pola Keluarga Beriman. Yogyakarta: Kanisius.

Delima, Yulita. 2015. peran Guru Agama Katolik dalam Menumbuh Kembangkan Nilai-Nilai Katolisitas. Di Sekolah Menengah Pertama Atas Katolik St. Petrus Kanisius Palangkaraya. Skripsi. Palangkaraya: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. Dokumen Konsili Vatikan II, Gravissimum Educationis 3. Diterjemahkan Oleh R. Duka, Katarina Da. 2009. Hubungan Pendidikan Iman dalam Keluarga Kristiani Dengan Kecerdasan Spiritual Siswa/Siswi Smp Santo Fransiskus Assisi Samarinda. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Gulo dkk. 2020. Pola Asuh Keluarga Kristen terhadap Pertumbuhan Iman Siswa. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen. Volume 5 No.1

Hamu, Fransiskus Janu. 2011. “Kompetensi Guru Agama Katolik”. dalam SePakat: Jurnal Pastoral Kateketik Volume 1 (Hlm 10-19). Palangkaraya: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Handayani, Dessy. 2017. Tinjauan Teologis Konsep Iman dan Perbuatan Bagi Keselamatan. Jakarta: Sekolah Tinggi Pelita volume 1 No. 2

Handayani, Wiwik. 2019. Pendidikan Iman Siswa dalam Keluarga Katolik di Paroki Santa Maria Dela Salette Muara Teweh. Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Jubrisita, Noprisinta. 2019. Kursus persiapan perkawinan bagi Calon Pasutri Sebagai Bekal Mempertahankan Hakekat Perkawinan Katolik. Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Kartini, Yuni. 2020. Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Online Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona di Mi Muhammadiyah Pasirmuncang. Volume 1 No.1

Kholikun, Nahnul. 2017. Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Religiusitas Siswa di Desa Gedung Boga Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. Skripsi. Lampung: Fakultas Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung

Konferensi Wali Gereja Indonesia. 1996. Iman Katolik :Buku Informasi dan Referensi. Yogyakarta: Kanisius-Obor.

Konferensi Wali Gereja Indonesia. 2007. Katekismus Gereja Katolik. Ende: Nusa Indah.

Konferensi Wali Gereja Indonesia. 2013. Dokumen Konsili Vatikan II. Bogor: Mardi Yuana.

Konferensi Waligereja Indonesia. 1991. Kitab Hukum Kanonik (Codex Iuris Canonici). Jakarta: Obor.

Lembaga Alkitab Indonesia. 2016. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Meinitia. 2018. Peran Pendidikan Iman dalam Keluarga Katolik Terhadap Etika Pergaulan Siswa di Paroki St. Petrus dan Paulus Ampah. Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Milayani. 2019. Peran Guru Agama Katolik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Katolik Siswa di Paroki ST. Mikael Tamiyang Layang. Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Natsir, Nanat Fatah dkk. 2018. Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia. Jurnal mudarrisuna Vol.8 No.2

Nazarudin. 2018. Pola Kerja Sama Guru dan Orang Tua. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Volume 24 No.1

Nelly, Welmina Takanyuai. 2020. Peran Orang tua dalam Pembentukan Iman Siswa berdasarkan 2 Timotius 3:14-17. Jawa Timur: Sekolah Tinggi Alkitab. Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani. Volume 4 No.2

Norlena, Ida. 2015. Kerja Sama Orang Tua dan Sekolah dalam Pembinaan Iman Siswa. Volume 5 No 1

Nurbeta. 2018. Pendidikan Agama Katolik Sebagai Media Komunikasi Iman Bagi Remaja di Stasi Fransiskus Benangin. Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Pinem, Lisnawati Br. 2009. Bimbingan Orang Tua terhadap Perkembangan Iman Siswa dalam Keluarga Katolik di Paroki St.Yusup Bintaran Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Prayogo, Teguh. 2019. Peran Orang Tua Sebagai Pendidikan Iman Siswa dalam Keluarga Katolik di Paroki Santo Klemens Puruk Cahu.Skripsi. Stipas: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Rausch, P. Thomas. 2016. Katolisisme. Jakarta: Kanisius

Rinya, Eka Grolia Paskalia. 2010. Upaya Meningkatkan Pendidikan Iman Dalam Keluarga Kristiani. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Roqib, Moh dan Nurfuandi. 2020. Kepribadian Guru. Purwokerto: Penerbit CV. Cinta Buku

Rosita. 2011. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Volume 3.

Ruli, Efrianus. 2020. Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidik Siswa. Universitas Kristen Satya Wacana.

Saraswati, Fransiska Febrina Ayu. 2020. Pengaruh Bina Iman Siswa Katolik terhadap Perkembangan Iman dan Perubahan Sikap Siswa. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana Madiun.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: Indonesia

Tafonao, Talizaro .2018. Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Terhadap Perilaku Siswa: dalam Jurnal Edudikara Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3 No 2.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Rusdi Rusdi, Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum, & Silvester Adinuhgra. (2021). KERJA SAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN IMAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 NGENYAN ASA KABUPATEN KUTAI BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 7(2), 92–103. https://doi.org/10.58374/sepakat.v7i2.74