PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA KELAS VIII DI SMP SANTA MARIA PALANGKA RAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Social Media, Learning Outcomes, Catholic Religious EducationAbstract
This study aims to determine the effect of social media on learning outcomes in PAK (Catholic religious education) learning at Santa Maria Palangka Raya Middle School, especially for class VIII students. Through this research, the researcher wants to see further whether there is an influence of social media on the learning outcomes of Catholic Religious Education.
This study uses a quantitative approach. The research location is at St. Catholic Junior High School. Maria Palangka Raya. The research population is all students in class VIII. The research sample is class VIII B and C taken by cluster random sampling technique. Data collection techniques used questionnaires distributed via google form and additional interviews with Catholic religious education teachers. The data analysis technique used Pearson's product moment correlation technique.
References
Adawiyah, Arabiatul . 2016. Implikasi Pendidikan Normal Pada Remaja . Dalam Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Volume IV, Universitas Muhammadiyah Makasar.
Arikunto, Suharsimi . 2010 . Metode Penelitian. Jakarta . Rineka Cipta.
Ahira. , (2017), Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa. http://anneahira.com. Diakses tanggal 22 Juni 2021. 18:17.
Beranoka, Dedimus . 2017 . Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Sebagai Bentuk Pembinaan Moralitas Siswa di SMP YPPK Santo Mikael Kabupaten Merauke . Dalam Jurnal Jumpa, Volume V, (hlm 101). Sekolah Tinggi Santo Yakobus Meruke
Doni, Fahlepi Roma . 2017 . Prilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangfan Remaja . Dalam Jurnal IJSE, Volum 3 (hal 16). AMIK BSI Purwokerto.
Darmadi, Hamid . 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi . Banten :AN1MAGE. Fatihudin, Didin . 2015 . Manajemen dan Akuntansi . Sidoarjo . Zifatama Publisher.
Fitria, Sulindra . 2017 . Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial . Tasikmalaya . Universitas Tasikmalaya.
Gunawan, Arif . 2017 . Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan . Dalam Jurnal PARI, volum 3, hlm (50) . Utilization of Social Media in Library.
Hajar, Ibnu . YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar. Dalam Jurnal Al-Kitabah, Volume V, No 02. Prodi KPI FDK Universitas Aluddin Makasar.
Hanafi, Muhammad . Pengaru Penggunaan Media SOsial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Dalam Jurnal JOM Fisip. Vol 03. No 02. Universitas Riau.
Irfan Muhammad, Siti Nursiah, Andi Nilam Raayu., 2019, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Pasif Teradap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makasar”. Dalam Jurnal Publikasi Pendidikan, volume 9, nomor 03 (hal 264), Makkasar : Universitas Negeri Makasar.
Ismayani, Ade . 2017 . Metodologi Penelitian . Bandung Syiah Kuala University Press. Khairuni,Nisa . 2016 . Dampak Positif Dan Negatif Sosial MediaTerhadap Pendidikan Ahlak Anak . Jurnaln Edukasi, volume 2 (hal 99-100) Banda Aceh: Universitas UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Makhmudah, Siti . 2019 . Medsos Dan Dampaknya Pada Perilaku Keagamaan Remaja.
Guepedia Mustafa, Pinto, Setya, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga: Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang .
Monica Junita, Dini Fitria Wati., Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Maasiswa Pada Saat Pandemi Covid-19. Dalam Jurnal Communio. volume IX, No 02. Universitas ARS. Bandung.
Mulyati, dkk . 2019. Panduan Optimalisasi Media Sosial. Jakarta : Pusat : Kementrian Perdagangan RI.
Nurkholis., Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Dalam Jurnal Kependidikan. Volume 1. No 01. 2013.
Prayoto, Yohanes Hendro, GeliStevanus . 2020 . Pengaruh Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Santo Yakobus Merauke. Dalam Jurnal Jumpa, volume VIII, No 1 (hal 33-34). Sekolah Tinggi Santo Yakobus Meruke.
Payong, Marsel R . 2014 . Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Katolik (PAK) di Sekolah. Dalam Berbagi: Jurnal Aosiasi Perguruan Tinggi Agama Katolik (APTAK), volume II hal 267-2014). Asosiasi Pergurungan Tinggi Agama (APTAK).
Puntoadi, Danis . 2011 . Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta (ID) : PT. Elex Komputindo.
Purnama, Hadi . 2011 . Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0 . Corporate and marketing commonication. Jakarta: Pusat Study Komonikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana,Pp.116.
Siyoto Sandu, M. Ali Sodikin . 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Iswati Sri, Muslich Anshori . 2009 . Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif . Surabaya. Fakultas Ekonomi Universitas Air Langga.
Syaputra, Edy . 2020 . Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Suka Bumi: Haura Publishing.
Santoso, Slamet . 2013. Statistika Ekonomi Plud Aplikasi SPSS. Ponorogo : Umpro Press. Sulianta, Feri . 2015 . Keajaiban Sosial Media. Jakarta : Pt Elex Media Komputindo.
Sulastri, dkk. 2019 . Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN Limbo Makmur Kecamatan Bumi Rya . Dalam Jurnal Jumpa Tadulako Online, volum 3, No 1 (hal 93). Fakulta Keguruan dan Pendidikan Universitas Tadulako.
Sujana, I Wayan Cong . 2019 . Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia . Dalam Jurnal Pendidikan Dasar, volum 4, No 1, Jakarta. Adi Widya.
Selitiawati, Mila . 2015 . Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen. Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian, Riau: Universitas Pasir Pengarai.
Sari Gita Cinta Gumilang, Wilhemus Ola Rongan . 2017 . Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Metode Diskusi Kelompok Berbantu Audio Visual Bagi Siswa Kelas V SDK Santo Bernadus Madiun . Dalam Jurnal Pendidikan Agama Katolik, volum 18, Madiun. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan “Widya Yuman”.
Utami Anastasia Siswi Fatma, Baiti Nur . 2018 . Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja . Dalam Cakrawala : Jurnal Humanoira Bina Sarana Informatika, Volum 18 hal (215) Bekasi: Program Studi Komputerisasi Akuntansi, AMIK BSI.
Widiyanti, Andri. 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Paradikma Pedagogig Reflektif dan Motivasi Belajar terhadap Kepribadian Siswa Dalam Pendidikan Agama Katolik di SMP Katolik se-Kota Madiun, (Tesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wicaksono Muammad Denlly . Pemanfatan Google Classroom Dalam Stategi Pembelajaran Komperatif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. Dalam Jurnal Inspirasi. Volume 17, Nomor 01. SMP Negeri 2 Tulung Agung , Jawa Timur.
Wardani Reza Kusuma, Andik Yuliyanto . Pengaru Media Sosial Instagram Teradap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas XI Man 1 Mojokerto.
Yanuarita Intan, dan Wiranto. 2018. Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal?, : Jakarta Timur: Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa
Yudha, Rahmat Putra . 2018 . Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Pontianak Kalimantan Barat:Yudha English Gallery.
Zainuddin, Muhamad . 2012 . Metode Penelitian Kefarmasiaan dan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.