PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI SDN 1.2 PANGELAK

Authors

  • Dea A’iwara Selena Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria E.W Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

Keywords:

Role Of Parents, Online Learning, Cognitive Ability

Abstract

This  study  aims  to  determine  the  role  of  parents  in  online  learning  on children's cognitive abilities, inhibiting and supporting factors experienced by parents at SDN 1.2 Pangelak. Through this study, it is hoped that parents can realize how important  parental  involvement  in  online  learning  towards  children's  cognitive abilities in Catholic Religious Education subjects during the covid-19 pandemic.

The type of research used in this research is descriptive qualitative research. This research was conducted on May at SDN 1.2 Pangelak. The informants are 14 people consisting of the Principal, 1 Catholic Religion Teacher, 6 parents and 6 students. Data collection techniques through interviews and documentation. The data analysis technique used is the model of Miles and Huberman which consists of three stages, data reduction, data presentation and conclusion drawing.

References

Cahyati, N., & Kusumah, R. 2020. “Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19”. Jurnal Golden Age. 4(1): 152-159.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. 2013. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom”. Satya Widya. 29(1): 30-39.

H, A. T. 2019. Ayah Terlibat Keluarga Hebat Jurus Jitu Membangun Pendidikan Karakter pada Anak. Jawa Timur: Cv. Beta Aksara.

Haq, Z. 2020. “Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Mi Nu 31 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. 2020. “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19”. JCE (Journal Of Childhood Education). 4(2): 71-81.

Indriyani, L. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip. 2(1): 17-26.

K., R. Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. KBBI Daring. https://kbbi.web.id//.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Komara, Endang. 2016. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Lilawati, A. 2021. “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 549-558.

Lubis, Abdullah Eddie, Susilowati, Sri Lestari, dkk. 2020. Merajut Asa Meraih Mimpi Jadi Penulis Antologi Kempulan Cerpen, Essay dan Puisi. Yogyakarta: Depublish Cv Budi Utama.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. 2014. “Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini”. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat). 1(2): 187-198.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deksriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (Gp Press Group).

Pancaningrum, N. 2017. “Strategi Pembelajaran: Taksonomi Bloom dalam Games Simulation Method Ditingkat Raudhatul Athfa”. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 4(1): 112-129.

Peraturan Sekolah. 2020. “Tentang Tata Tertib Siswa SD Negeri Tahun Ajaran

/2021”. Pangelak: Sekolah Dasar Negeri 1.2 Pangelak.

Ruli, E. 2020. “Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidk Anak”. Jurnal Edukasi

Nonformal. 1(2): 143-146.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, M. 2015. “Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling. 1(1): 20-28.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K. 2011. “Taksonomi Bloom”. Jurnal: Pusdiklat Knpk.

Yohanes Paulus II. 2019. Familiaris Consortio (Keluarga) Anjuran Apostolik Sri Paus Yohanes Paulus II Kepada Para Uskup, Imam-imam dan Umat beriman seluruh Gereja Katolik tentang Peranan Keluarga Kristen dalam Dunia Modern, terj. R. Hardawiryana, SJ. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1981.

Yohanes Paulus II. Surat-surat Kepada Keluarga, terj. Hadiwikarta Pr. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1994.

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Dea A’iwara Selena, Paulina Maria E.W, & Silvester Adinuhgra. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI SDN 1.2 PANGELAK. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 7(2), 14–26. Retrieved from https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/51