Penanaman Nilai Batang Garing Dalam Pembelajaran PAK Pengaruhnya Pada Komitmen Kebangsaan
DOI:
https://doi.org/10.58374/sepakat.v11i2.337Keywords:
Pembelajaran PAK, Paham Kebangsaan, Batang Garing, SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman paham kebangsaan dan nilai Batang Garing pada pembelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik Pearson’s product moment correlation yang digunakan IBM Statistical Package Social Science (SPSS) Statistics Versi 25.0 for Windows dengan sampel Populasi. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Palangka Raya, melibatkan 13 siswa kelas XII yang berAgama Katolik. Instrumen Penelitian menggunakan angket paham kebangsaan dan nilai Batang Garing dengan koefisien reliabilitas dihitung menggunakan Alpha Cronbach paham kebangsaan sebesar 0,78 dengan 36 item valid dan nilai Batang Garing dari sebesar 0,753 dengan 22 item valid. Hasil penelitiah ini menunjukan paham kebagsaan mendapatkan nilai z=-3.111 dengan p=0,002(p<0,05) dan pada nilai Batang Garing mendapatkan nilai z=-3.361 dengan p=0,002(p<0,05) tergolong memiliki peningkatan yang signifikan maka dapat disimpulkan pembelajaran memiliki pengaruh pemahaman siswa terhadap Paham Kebangsaan dan Nilai Batang Garing. Pada akhir ini menunjuk adanya perbedaan pada pengetahuan siswa mengalami peningkatan pemahaman pengetahuan lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti pembelajaran PAK. Hasil evaluasi pelatihan Paham Kebangsaan dan nilai Batang Garing menunjukkan ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran dibuktikan dengan hasil akhir evaluasi tes pengetahuan Paham kebangsaan dan nilai Batang garing nilai z=-3.127 dengan t=0,002(t< 0,05).
References
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SUMBER INSPIRASI INOVASI INDUSTRI KREATIF. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 1, 292–301. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/68
Dokumen Konsili Vatikan II. 1993. Terjemahan R. Hardawiryana. Jakarta: Obor.
Ernawam, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32(1), 1–54. Jurnal.lemhannas.go.id. 9 Agustus 2022. https://ejournal.stp-aviasi.ac.id/index.php/JIK/article/view/5/pdf
Komisi Kateketik KWI. 2004. Menjadi Murid Yesus Pendidikan Agama Katolik Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kanisius.
Licona, T. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 14(1), 269–288. 31 Agustus 2022. https://www.researchgate.net/publication/290920065_PENDIDIKAN_UNTUK_PENGEMBANGAN_KARAKTER_Telaah_terhadap_Gagasan_Thomas_Lickona_dalam_Educating_for_Character/link/569c9c5408ae6169e5630e35/download
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Mohammad, R. (2013). Konflik Israel-Palestina ditinjau dari Kajian History. Jurnal Keamanan, 05(01),1–16. 25 Agustus 2022. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9529/
Munte, B. (2018). Pengaruh Efektifitas Pembelajaran Guru Pak Terhadap Peningkatan Nilai Afektif Siswa Kasus: Smp Negeri 1 Pematangsiantar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(3), 274. https://doi.org/10.33541/jdp.v10i3.633 30 September 2022.
Paramita, I. G. A. (2019). Representasi Nilai Pancasila Dalam Kebudayaan Bali. VIDYA WERTTA : Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia, 2(2), 142–154. https://doi.org/10.32795/vw.v2i2.395 23 September 2022.
Rahayu, W. (2019). Manajemen Diri. An-Nuha, 17(1), 79–90. 21 September 2022.
Rofifah, D. (2020) ‘Implementasi Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Iqro’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 12–26.
Sarma, N., & unyi. (2018). Jurnal Widya Katambung. Upacara Manyanggar Pada Masyarakat Hindu Kaharingan Di Desa Timpah Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas, 9, 1–12. 23 September 2022.
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452 21 September 2022.
Supriyanto, B. H. (2014). Law Enforcement Regarding Human Rights According to Positive Law in Indonesia. Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(3), 151–168. 20 September 2022.
Usop, L. S., & Usop, T. B. (2021). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Dayak dalam Mengembangkan Batik Benang Bintik di Kalimantan Tengah. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 405–413. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1502 21 September 2022
Widhiyaastuti, I. G. A. A. D., & Ariawan, I. G. K. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Korupsi. Jurnal Ilmiah Prodi Magister Kenotariatan, 1(201 8), 17–25. 23 september https://ojs.unud.ac.id/index.php/ActaComitas/article/view/39325
Winataputra, U. S. (2016). Pembudayaan Nilai - Nilai Pancasila Bagi Masyarkat Sebagai Modal Dasar Pertahanan Sosial. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 37–50. 30 September 2022.