PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENARIK MINAT ANAK SEKOLAH MINGGU DI PAROKI KATEDRAL SANTA MARIA PALANGKA RAYA

Authors

  • Teresia Jeji Karlina Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Widya Ariyani Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Keywords:

Sekolah Minggu, Media Gambar, Sabda Tuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana penggunaan media gambar yang diterapkan mampu menarik minat anak Sekolah Minggu, khususnya pada saat mendengarkan Sabda Tuhan. Studi ini dapat menjadi pedoman bagi para pembina Sekolah Minggu dalam menggunakan metode dan sarana yang digunakan dalam menyampaikan pengajaran kepada anak dalam kegiatan Sekolah Minggu.

Metode yang digunakan dalam proses penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang benar-benar akurat, langkah-langkah penelitian yang digunakan yakni : observasi, wawancara, dan dokumentasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak Sekolah Minggu sangat antusias dan tertarik ketika penyampaian sabda Tuhan menggunakan media gambar.Minat mereka bisa dilihat dari bagaimana fokus perhatian anak, ketertarikan anak, rasa senang dan keterlibatan anak dalam mengikuti Sekolah Minggu. Ada kerinduan tersendiri bagi mereka untuk mendengarkan sabda Tuhan pada Minggu berikutnya terlebih mereka menunggu dan penasaran gambar yang akan digunakan pembina dalam menyampaikan sabda Tuhan.

Kurangnya sarana dan prasarana menjadi keterbatasan pembina dalam menyampaikan pengajaran Sekolah Minggu sehingga menjadi masalah dalam pemilihan metode yang digunakan pembina dalam pengajaran. Untuk itu perlu ada terobosan baru yang dibuat dengan cara sederhana dan se-kreatif mungkin dengan menggunkan media gambar agar anak mudah memahami makna dan pesan yang pembina sampaikan, agar sabda Tuhan yang disampaikan tidak hanya sebagai cerita dongeng biasa tetapi cerita yang memiliki banyak arti yang selalu mereka ingat baik dalam hati dan pikiran mereka.

 

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bagiyowinadi, Didik. 2009. Bekal Untuk Pendamping Bina Iman Anak. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama

Harefa, Fidelis.dkk. 2013. 50 Tahun Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya. Palangka Raya: Panitia perayaan HUT ke-50 Tahun Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta : Erlangga

Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penulisan Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : UII Pres Yogyakarta

Laheba, Novelina. 2007. Guruku Sahabatku. Yogyakarta: ANDI

Leo, Susanto. 2008. Kiat Sukses Mengelola dan Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: ANDI

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenadan Media Group

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penulisan Deskriptif. Jakarta : GP Press Group

Nasution, S. 2010. Didaktik Asas-asas Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Poerwadarminta, W.J.S. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Sadiman, Arief.S,dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penulisan Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Sit, Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penulisan Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penulisan Kualitatif . Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 3 Tahun 2002 pasal 1 tentang Perlindungan Anak.

Widoyoko, Putra, Eko. 2012. Teknik Menyusun Instrumen Penulisan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yusuf, Samsyu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Dari Internet :

Bagawanabiyasa. “Minat-Belajar-Siswa”. Diunduh 2 Mei 2018. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/12/minat-belajar-siswa

Geonable. “Jenis-jenis Media Pembelajaran”. Diunduh 6 Mei 2018. (https://goenable.wordpress.com/tag/jenis-jenis-media-pembelajaran)

Katolisitas. “Pendidikan iman katolik anak sejak usia dini didalam keluarga paroki dan sekolah”. Diunduh 10 Mei 2018. (http://www.katolisitas.org/pendidikan-iman-katolik-anak-sejak-usia-dini-di-dalam-keluarga-paroki-dan-sekolah/).

Sitompul, Denni. 2011. Peranan Media Pembelajaran Gambar. diunduh 1 juni 2018. (http://dennisitompul.blogspot.com/2011/02/peranan-media-pembelajaran-gambar-dalam.html)

Wikipedia. 2018. Anak. diunduh 1 Juni 2018 (https://id.wikipedia.org/wiki/Anak)

Downloads

Published

2019-05-22

How to Cite

Teresia Jeji Karlina, Paulina Maria, Silvester Adinuhgra, & Widya Ariyani. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENARIK MINAT ANAK SEKOLAH MINGGU DI PAROKI KATEDRAL SANTA MARIA PALANGKA RAYA. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 5(1), 106–119. Retrieved from https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/23