PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KATOLIK DI SMA NEGERI 1 PARENGGEAN
Keywords:
pendidikan agama Katolik, media, peserta didik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Katolik dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMA Negeri 1 Parenggean. Kepribadian yang buruk tidak hanya pada orang dewasa akan tetapi telah menjalar pada generasi muda. tingkat kematangan dan pengaruh lingkungan yang dialami serta merosotnya nilai- nilai moral dalam kehidupan masyarakat seperti tindak kekerasan, meningkatnya perilaku merusak diri, rendahnya rasa hormat kepada orang tua, rendahnya rasa tanggung jawab individu, ketidakjujuran, rasa ketidakpedulian, kurang bersyukur, dan kebenciaan terhadap sesama juga marak terjadi di sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi dengan 9 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data display (penyajian data), dan Conclusion/Verification (penarikan kesimpulan).
Hasil peneititan ini menunjukkan bahwa peran Pendidikan Agama Katolik dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMA Negeri 1 Parenggean sudah cukup baik.
Dengan adanya pembelajaran Pendidikikan Agama Katolik membimbing dan membantu
memperbaiki kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. Pendidikan Agama Katolik menjadi pedoman dan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian
peserta didik dan mengembangkan kepribadian peserta didik dengan menanamkan nilai
kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab, peduli, saling menghormati, dan saling menghargai satu sama lain.
References
Agustina, N. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kanisius.
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Aisyah, S. 2015. .Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Kanisius.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, Edisi 1. Jakarta: Pt. Raja Grafindo
Persada.
Calvin, HS, Lindzey, G. 1993. Psikologi Kepribadian 1 Teori–Teori Psikodinamik
(Klinis). Yogyakarta: Kanisius.
Damanik, S. 2009. Pendidikan Sebagai Watak Bangsa. Yogyakarta: Universitas
Sanata Darma.
Damin, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia. Danim, S.2010. Pengantar Kependidikan. Bandung.: Alfebata.
Depertemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas. Dokumen Gravisimus Edukationis 1—5.
Doni, koesema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman
Global. Jakarta: Gerindo.
Friedman, HS, Schustack, MW. 2006. Kepribadian. Jakarta: Erlangga.
Hamidi. 2007. Metodologi Penelitian Dan Teori Komunikasi. Malang: UMM.
Heken, A, Ferouge, M, Sutadi, D, Gunawan, Y, Nasar, P, Hadi, A. 1989. Tantangan
Membina Kepribadian. Jakarta: Yayasan Loka Caraka.
Idrus, M. 2007. Metode Penulisan Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan
Kuantitatif.: Yogyakarta. UII Pres Yogyakarta.
Iro FK, 14 Maret 2018. “Kekerasan Remaja Indonesia Mencapai 50 Persen”.
FKKMK-UGM.
Komkat KWI. 1997. Peranan Media Dalam Pendidikan Iman dan Upaya Pendidikan
Kesadaran Bermedia. Yogyakarta: Kanisius.
. . 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas XI Buku
Guru. Jakarta: KDT.
Konferensi Waligereja Indonesia. 2002. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik
Sekolah Menengah. Yogyakarta: Kanisius.
Katolik. Jakarta.
. 2008. Kitab Hukum Kanonik Tentang Pendidikan
KWI. Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Obor.
Margono, S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta.: Rineka Cipta.
Maryati, K, Suryawati, J. 2001. Sosiolosi 1 untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nawawi, HH. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
Neolaka, A, Neolaka, GA. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Dasar Pengenalan
Diri Sendiiri Menuju Perubahan Hidup. Cimangus: Kencana.
Payong, MR. Juli 2014. Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Katolik (APTAK).Vol.3(2)
: 267—270.
Sadiman, dkk.2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arif S dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Gerindo. Satori, D. 2007. Profesi keguruan. Jakarta: UT.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Siagian, Sondang P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1, Cetakan
Ketiga Belas. Jakarta.: Bumi Aksara.
Silalahi. U. 2009. Metode Penelitian Sosial.Bandung: Pt Refika Utama. Sudjana dan Rivai. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Strike, KA, Soltis, JF. 2007. Etika Profesi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas
Sanata Dharma.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung.: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supratiknya, 1993. Teori - Teori Psikodinamik (Klinis) Perilaku Abnormaln.
Yogyakarta: kanisius.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi
Puastaka.
Widi, RK. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widiastuti, Rini. 23 Juli 2018. ―Hari Anak Nasional, KPAI Catat Kasus Bullying
Paling Banyak”. TEMPO.
Wiranata, I. G.A.B. 2002. Antropologi Budaya. Jakarta: PT Citra Aditya Bakti.