PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE PADA UMKM (STUDI KASUS PADA TOKO K’SIA FASHION DI MMTC PANCING)

Authors

  • Siti Aisyah
  • Aris Kukuh Prasetyo 1Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ayu Wulandari 1Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rizki Anggiani Simbolon 1Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Muhammad Rifki Damanik 5Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.93

Keywords:

UMKM. Shopee, K’SIA Fashion

Abstract

Digital marketing seperti Shopee bisa digambaran sebagai proses terjadinya transaksi antara si penjual dengan si pembeli untuk melakukan jual beli secara online. Keunggulan yang bisa didapatkan dengan media digital Shopee akan memudahkan para penjual barangnya untuk melauan digital marketingnya dengan sangat mudah dan murah serta terjangkau banyak pelanggan tanpa dibatasi dan bisa menjadi potensi berkembangnya usaha dimasa depan. Pada Toko K’Sia Fashion hanya berjualan secara offline saja sehungga belum melaukan berjualan secara online. Pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini tujuannya untuk memberitahukan pengenalan dan penjelasan mengenai Shopee, membuat akun toko Shopee serta cara mengapload produknya di marketplace Shopee kepada Owner Toko K’Sia Fashion untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Metode yang digunakan ialah Metode pelaksanaan yang merupakan metode adanya pelatihan kepada masyarakat UMKM untuk memberitahukan materi mengenai cara menggunakan Shoppe, membuat akun Toko Shopee sampai mengapload barang Shopee di marketplace Shopee untuk dapat meningkatan penjualannya yang bisa diakses menggunaan smartphone bisa dibawa kemana saja dan kapanpun. Dan hasil didapat pada pengabdian masyarakat ini ialah membuat owner toko K’Sia fashion untuk mampu menggunakan marketplace shopee dengan menghasilkan Toko K’Sia fashion secara online melalui aplikasi Shopeenya

References

Agung, H., Marta, R. F., & Christianti. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi Di Indonesia. Communication, 12(2), 122–131.

Andrian. (2019). The Digital Marketing and Product Variety towards Purchasing Interest in Online Store Shopee (Case Study to Students of Class of 2016 Management Department Faculty of Economic University of Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14–24.

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen, II, 74–91

Putri, N. Ambariyani. Ahmad,M. Ikhwan, A, Muhammad, D. Vera, I. Pendampingan Strategi Digital Marketing Menggunakan E-Commerce Shopee pada Komunitas PAC Fatayat NU Batanghari Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 185-194

Pengabdian, J., Masyarakat, K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “ Pratistha Harsa ” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.

Pedro, J., & Ortiz, M. (2018). Pengaruh Tagline Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj39enk6N7jAhWBiXAKHUkcDn4QFjAGegQICBAC&url=http%3A%2F%2Fdigilib.uinsby.ac.id%2F26328%2F1%2FSiti%2520Roykhanah_B06214019.pdf&usg=AOvVaw2LW2TGfeLyWLYOGnyCwS

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Rahmatika. Harry, D. Nasrullah, I. Penerapan E-Commerce Pada Kelompo PK di Kelurahan Pabuaran- Cibinong. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. 3(3), 218-224.

Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151. https://doi.org/10.30651/aks.v1i2.931

Shopee. (2018). 10 Usability Heuristics by Nielsen ; Lazada and Shopee Review. Retrieved fromhttps://zikrohnafiah.files.wordpress.com/2018/05/gui-usability-heuristicsreport.pdf%0A%0A

Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 46–65. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Siti Aisyah, Aris Kukuh Prasetyo, Ayu Wulandari, Rizki Anggiani Simbolon, & Muhammad Rifki Damanik. (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE PADA UMKM (STUDI KASUS PADA TOKO K’SIA FASHION DI MMTC PANCING). Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i1.93