EFEKTIVTIAS PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK SECARA ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SANTO DON BOSCO PALANGKA RAYA

Authors

  • Yohana Egie Agatha Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i1.71

Keywords:

efektivitas, pembelajaran agama katolik, dan online.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Agama  Katolik secara online bagi siswa sekolah Dasar di SD Katolik Santo Don Bosco  Palangka Raya. Melalui studi ini diharapkan proses pembelajaran secara online dapat  berjalan efektif sesuai dengan indikator pembelajaran, khususnya bagi pembelajaran  Agama Katolik secara Online bagi siswa Sekolah Dasar.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan  menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni  di SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya. Informan dalam penelitian ini  berjumlah 12 orang yang terdiri dari 3 orang guru Pendidikan Agama Katolik, 5  siswa Sekolah Dasar kelas V, dan 4 orang tua siswa kelas V. Teknik analisis data  menggunakan teori Miles dan Huberman yang dari 3 tahap yaitu reduksi, penyajian  data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Agama Katolik di SD Katolik  Santo Don Bosco Palangka Raya dapat berjalan efektif. Hal itu dapat dilihat dari  indikator efektivitas pembelajaran yang telah dijalankan oleh guru dan siswa selama  pembelajaran secara online. Terkait indikator efektivitas pembelajaran secara online  dilihat dari tujuan pembelajaran hingga evaluasi semuanya dapat dilalui. Disamping  proses pembelajaran yang dilakukan secara online tersebut, adanya faktor pendukung agar pembelajaran secara online dapat terlaksana yaitu aplikasi yang bisa digunakan  sebagai instrumen berjalannya pembelajaran online, sehingga guru diberikan  kemudahan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

References

Afifatu, Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015.

Aidah, Situ Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jogyakarta : KBM Indonesia

Angrayni, Lysa & Yusliati, 2018, Efektifitas Rehabilitasi pecandu narkotika serta pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan di indonesia. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Ansori, Miksan. 2019. Dimensi HAM dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan. Kediri : Iaifa Press

Hamid, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, Suci. 2019. Model Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri Hanum, Latifah. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Aceh : Syifah Kuala University.

Ismail, Muhammad Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo Persada.

Komara, Endang. 2014. Belajar Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Redika Aditama

Kusuma, Wijaya dkk. 2020. Pola Pembelajaran efektif dari rumah. Tata Akbar Mardani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV. budi utama

Muis, 2020 Model Pembelajaran berdasarkan Masalah teori dan penerapannya. Jawa Timur : ceremedia communication

Mukhtar. 2013. Metode Praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Nana. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.

Ngabidin, Minhajul. 2021.Mekar Berseri dimasa Pandemi. Jogyakarta: 2021 Neolaka, Amos dkk. 2017. Landasan Pendidikan. Depok: Kencana

Nurfadila, Nurul. 2020. Pembelajaran Daring Walau Covid-19 tetap semangat.

Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Payong, Marsel R. 2014. Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Katolik di sekolah. Jurnal : Berbagi. Volume 3. No.2 Juli 2014.

Pohan, Efendi Albert. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah : Sarnu Untung

Purba,. Dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita menulis.

Ramasari, Wahyu. 2020. Antropologi Esai Karya Mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Yogyakarta : Bintang Pustaka Mandani.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Rusman dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Depok : PT Raja Gaftindo Persada

Saragih,. Dkk. 2021. Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sari, Anditha. 2017. Dasar – Dasar Public Relations Teori & Praktik. Yogyakarta : Deepublish

Sawi, Muhammad. 2020. Biokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : CV Budi Utama

Simamora, Roymond H. 2009. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Buku kedokteran EGC

Simanihuruk, Lidia dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis

Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kulitatif dan R&D. Bandung : Alfbeta Bandung

Sumarno. 2017. Upaya meningkatkan Keaktiftan dan prestasi BelajarMateri Otonomi Daerah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsawe pada siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Muter Sukaharjo Tahun Pembelajaran 2015/2016. Vol.4. No.14.

Suko, 2020. Menjadi calon guru. Surabaya : Scorpindo

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Sustan, cecep & Bambang Sujitjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan digital. Bogor:Gahlia Indonesia.

Widoyoko, Eko Putra. 2012. Teknik menyusun instrumen penelitian. Jogyakarta:Pustaka Pelajar.

Wijoyo, Hadion . 2021. Efektivitas pembelajaran di masa pademi. ICM Publiser Wijoyo, Hadion . 2021. Strategi pembelajaran. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prendamedia group

Zulakia. 2020. Bisnis UMKM di tengah pandemi. Surabaya : Unitomo Press

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Yohana Egie Agatha, Paulina Maria, & Silvester Adinuhgra. (2022). EFEKTIVTIAS PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK SECARA ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SANTO DON BOSCO PALANGKA RAYA . Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 8(1), 127–141. https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i1.71