EFEKTIVTIAS PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK SECARA ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SANTO DON BOSCO PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i1.71Keywords:
efektivitas, pembelajaran agama katolik, dan online.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Agama Katolik secara online bagi siswa sekolah Dasar di SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya. Melalui studi ini diharapkan proses pembelajaran secara online dapat berjalan efektif sesuai dengan indikator pembelajaran, khususnya bagi pembelajaran Agama Katolik secara Online bagi siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni di SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 3 orang guru Pendidikan Agama Katolik, 5 siswa Sekolah Dasar kelas V, dan 4 orang tua siswa kelas V. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang dari 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Agama Katolik di SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya dapat berjalan efektif. Hal itu dapat dilihat dari indikator efektivitas pembelajaran yang telah dijalankan oleh guru dan siswa selama pembelajaran secara online. Terkait indikator efektivitas pembelajaran secara online dilihat dari tujuan pembelajaran hingga evaluasi semuanya dapat dilalui. Disamping proses pembelajaran yang dilakukan secara online tersebut, adanya faktor pendukung agar pembelajaran secara online dapat terlaksana yaitu aplikasi yang bisa digunakan sebagai instrumen berjalannya pembelajaran online, sehingga guru diberikan kemudahan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.
References
Afifatu, Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015.
Aidah, Situ Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jogyakarta : KBM Indonesia
Angrayni, Lysa & Yusliati, 2018, Efektifitas Rehabilitasi pecandu narkotika serta pengaruhnya terhadap tingkat kesejahteraan di indonesia. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Ansori, Miksan. 2019. Dimensi HAM dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan. Kediri : Iaifa Press
Hamid, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Handayani, Suci. 2019. Model Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri Hanum, Latifah. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Aceh : Syifah Kuala University.
Ismail, Muhammad Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo Persada.
Komara, Endang. 2014. Belajar Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Redika Aditama
Kusuma, Wijaya dkk. 2020. Pola Pembelajaran efektif dari rumah. Tata Akbar Mardani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV. budi utama
Muis, 2020 Model Pembelajaran berdasarkan Masalah teori dan penerapannya. Jawa Timur : ceremedia communication
Mukhtar. 2013. Metode Praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta : GP Press Group.
Nana. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
Ngabidin, Minhajul. 2021.Mekar Berseri dimasa Pandemi. Jogyakarta: 2021 Neolaka, Amos dkk. 2017. Landasan Pendidikan. Depok: Kencana
Nurfadila, Nurul. 2020. Pembelajaran Daring Walau Covid-19 tetap semangat.
Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press
Payong, Marsel R. 2014. Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Katolik di sekolah. Jurnal : Berbagi. Volume 3. No.2 Juli 2014.
Pohan, Efendi Albert. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah : Sarnu Untung
Purba,. Dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita menulis.
Ramasari, Wahyu. 2020. Antropologi Esai Karya Mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Yogyakarta : Bintang Pustaka Mandani.
Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Rusman dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Depok : PT Raja Gaftindo Persada
Saragih,. Dkk. 2021. Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sari, Anditha. 2017. Dasar – Dasar Public Relations Teori & Praktik. Yogyakarta : Deepublish
Sawi, Muhammad. 2020. Biokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : CV Budi Utama
Simamora, Roymond H. 2009. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Buku kedokteran EGC
Simanihuruk, Lidia dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis
Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kulitatif dan R&D. Bandung : Alfbeta Bandung
Sumarno. 2017. Upaya meningkatkan Keaktiftan dan prestasi BelajarMateri Otonomi Daerah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsawe pada siswa kelas IX A SMP Negeri 4 Muter Sukaharjo Tahun Pembelajaran 2015/2016. Vol.4. No.14.
Suko, 2020. Menjadi calon guru. Surabaya : Scorpindo
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Sustan, cecep & Bambang Sujitjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan digital. Bogor:Gahlia Indonesia.
Widoyoko, Eko Putra. 2012. Teknik menyusun instrumen penelitian. Jogyakarta:Pustaka Pelajar.
Wijoyo, Hadion . 2021. Efektivitas pembelajaran di masa pademi. ICM Publiser Wijoyo, Hadion . 2021. Strategi pembelajaran. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri
Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prendamedia group
Zulakia. 2020. Bisnis UMKM di tengah pandemi. Surabaya : Unitomo Press