MISI GEREJA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN IMAN UMAT DI PAROKI SANTA MARIA IMMACULATA WAYUN-PALU REJO

Authors

  • Rari Marliani Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Romanus Romas Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Fransiskus Janu Hamu Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i1.67

Keywords:

misi gereja, pendidikan iman, umat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui misi Gereja dalam meningkatkan pendidikan iman umat. Penelitian ini   diangkat berdasarkan fenomena yang tampak di lapangan yakni Gereja sudah melaksanakan misi perutusan untuk meningkatkan pendidikan iman umat seperti katekese, dan pendampingan pastoral. Namun, fenomena yang terjadi masih ada keterbatasan dalam pemahaman dan ketidaktahuan umat akan fungsi dan peranannya dalam tugas menggereja, kurang memahami setiap seruan-seruang gereja untuk meningkatkan pendidikan iman,  dan kualitas ekonomi lemah.  Hal ini masih terjadi karena lemahnya kualitas pendidikan iman dan pendidikan formal umat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terbagi atas tiga tahap yaitu reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini ialah Gereja telah melaksanakan misi pendidikan iman umat. Namun, pada kenyataannya pendidikan iman umat  masih lemah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti lemahnya tingkat pendidikan formal umat, lemahnya ekonomi keluarga, dan pengaruh masyarakat sekitar, sehingga hal ini berdampak bagi perkembangan dan kemajuan Gereja. Harapan dari hasil penelitian ini adalah dapat memberi kontribusi bagi Gereja khususnya Paroki Santa Maria Immaculata Wayun Palu Rejo dalam penanganan pastoral pendidikan iman umat.

References

Arsip Paroki Santa Maria Immaculata Wayun-Palu Rejo, 2020.

Bosch, David J. 2006. Transformasi Misi Kristen: Sejarah Teologi Misi yang Mengubah dan Berubah. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Brougham, David Royal. 2001. Merencanakan Misi.Malang: Yayasan Penerbit Gandum Mas

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers

Hadiwijono, Harun. 2007. Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Hamu, Fransiskus Janu. 2016. “Meneropong Katekese sebagai Pendidikan Iman Umat” dalam Jurnal Sepakat,Vol. 2, No. 1 (hal 7-18). Palangka Raya: STIPAS Tahasak Danum Pambelum

Haris, Hardiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Idrus, Muhammad. 2007. Metode penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: UII Pres Yogyakarta.

Jelahu, Timotius Tote. 2016. “Misi Dengan Semangat Isen Mulang” dalam Jurnal Sepakat, Vol. 2, No. 1 (hal 1-6). Palangka Raya: STIPAS Tahasak Danum Pambelum

. 2016. “Gagasan Kontekstual Model Terjemahan dalam Penggunaan Katekese Umat” dalam Jurnal Sepakat, Vol. 8, No. 2 (hal 167-181). Palangka Raya: STIPAS Tahasak Danum Pambelum

Junneli.2020. “Pengaruh Kebiasaan Membaca Kitab Suci dalam Keluarga Kristiani Terhadap Perkembangan Iman Anak” Skripsi dipublikasikan. Madiun: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana Madiun.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021. Pengertian Pendalaman https://jagokata.com/artikata/pendalaman.html#:~:text=pendalaman%20%5Bpen%C2%B7da%C2%B7lam%C2%B7an%5D&text=%5Bpendalaman%5D%20Makna%20pendalaman%20di%20KBBI,arti%20dan%20definisi%20di%20jagokata). Diakses pada tanggal 20 April 2021 Pukul 20:28 WIB.

Komisi Kateketis KWI. 2002. Katekese Umat dan Evangelisasi Baru. Yogyakarta: Kanisius

Konferensi Waligereja Indonesia. 2014. Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan: Semangat yang Diperbaharui (Instrumentum Laboris). Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia

. 2011. Pedoman Pastoral Keluarga. Jakarta: Obor

. 2012. Iman Katolik. Yogyakarta: Kanisius

. 2016 . Kitab Hukum Kanonik.. Jakarta: Obor

Manullang, Megawati. 2019. “Misi dalam Perjanjian Lama”, dalam Jurnal Teologi “Cultivation”. Vol. 3. No. 1 (hlm. 654-662). Tarutung: Institut Agama Kristen.

Margaritawati, Teresia Kus. 2017. Katekese Keluarga untuk Meningkatkan Kesadaran akan Peran Orang Tua bagi Pendidikan Iman Anak di Lingkungan Santo Carolus Borrmius Margomulyo Paroki Santo Yosef Medari Yogyakarta. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Marpaung, Agus Marulitua. 2011. “Makna Rahasia Misi Rasul Paulus Menurut Efesus 3:1-5 dan Aplikasinya Bagi Gereja Masa Kini”. Skirpsi dipublikasikan. Manado: Sekolah Tinggi Teologi Anderson.

Maryanto, Ernest. 2004. Kamus Liturgi Sederhana. Yogyakarta: Kanisius

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group

Paus Paulus VI. 2017. Ad Gentes (Penterj. Hardawiryana, SJ). Jakarta: Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI

. 1965. Gravissimum Educationis (Penterj. Hardawiryana, SJ). Jakarta: Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI

. 2010. Lumen Gentium (Penterj. Hardawiryana, SJ). Jakarta: Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI

Patrisius, Bambang Sutrisna, Ratna Tjandrasari, dkk. 2010. SOMA: School Of Missionary Animators. Jakarta: Karya Kepausan Indonesia.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta: PT INDEKS.

Schnabel, Eckhard J. 2014. Rasul Paulus Sang Misionaris Perjalanan, Strategi, dan Metode Misi Paulus. Yogyakarta: ANDI (Penerbit Buku dan Majalah Rohani)

Singgih, Emanuel Gerrit. 2000. Berteologi dalam Konteks. Yogyakarta: Kanasius

Soekoto, Leo. 1995. Gereja Katolik Indonesia Mengarungi Zaman Refleksi Keuskupan Agung Jakarta. Jakarta: Keuskupan Angung Jakarta

Subandi, Silvanus. 2011. “Panggilan Menjadi Saksi Kasih: Misi Gereja di Kalimantan Tengah dalam Milenium Ketiga” dalam Jurnal Pastoral Kateketik Volume 1, No. 1 (hal 24-31). Palangka Raya: Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya.

Sutrisnaatmaka, Aloysius Maryadi. 2018. Misi Gereja di Dunsia dalam Berbagai Seginya. Jakarta: Obor

Telaumbanua, Marinus. 2005. Ilmu Kateketis Hakikat, Metode dan Peserta Katekese Gerejawi. Jakarta: Obor

Tomatala, Yakob. 2003. Teologi Misi. Jakarta: YT Leadership Foundation

Widayanti, Fransiska. Afriana Jenit a. 2020. “Katekese Umat sebagai Pendidikan Iman dalam Tahun Pengembalaan Bagi Umat Paroki ST. Maria Assumta”, dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2 (hal 49-59). Ruteng: Universitas Katolik Indonesia.

Woga, Edmund. 2006. Dasar-Dasar Misiologi. Yogyakarta: Kanisius

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Rari Marliani, Romanus Romas, & Fransiskus Janu Hamu. (2022). MISI GEREJA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN IMAN UMAT DI PAROKI SANTA MARIA IMMACULATA WAYUN-PALU REJO. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 8(1), 70–84. https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i1.67