PENDIDIKAN SIKAP TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK BERAGAMA KATOLIK DI SMP NEGERI 14 PALANGKA RAYA
Keywords:
pendidikan, sikap toleransi, peserta didik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan sikap toleransi bagi peserta didik beragama Katolik di SMP Negeri 14 Palangka Raya. Sikap toleransi bagi peserta didik akan menjadikan generasi muda yang kreatif dan berguna bagi bangsa namun fenomena yang terjadi saat ini banyak peserta didik melakukan suatu perbuatan yang menyimpang. Misalnya tidak menghargai teman yang berbeda agama, tidak menghargai pendapat teman dan bahkan ketidakmampuan peserta didik untuk berinteraksi dan bersosialisai yang akan menimbulkan kurangnya rasa empati terhadap sesama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2021 di SMP Negeri 14 Palangka Raya. Informan dalam penelitian berjumlah 12 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru agama Katolik, dan peserta didik beragama Katolik.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan sikap toleransi bagi peserta didik beragama Katolik di SMP Negeri 14 Palangka Raya sudah cukup baik. Dengan adanya pembelajaran sikap toleransi dapat membimbing dan membantu memperbaiki pribadi peserta didik menjadi lebih baik. Pendidikan sikap toleransi menjadi pedoman dan memiliki peran penting dalam membentuk untuk dan mengembangkan pribadi peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai disiplin, jujur dan tanggung jawab, peduli, saling menghormati, dan saling menghargai satu sama lain.
References
Abdullah, M. 2001. Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan. Jakarta: Buku Kompas.
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Doni, Koesema. 2010. Pendidikan Karakter Starategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Gerindo
Depertemen Pendidikan Nasonal, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Elmubarok, Zaim. 2009. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang. Bandung: Alfabeta.
Hasyim, Umar. 1979. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan antara Umat Beragama. Surabaya: Bina Ilmu
Istiqomah Widiarti. 2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegraan.Vol. l7(2): 10
Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penulis Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Yogyakarta. UII Pres Yogyakarta.
Konferensi Waligereja Indonesia. 1997. Penerapam Media dalam Pendidikan Iman dan Upaya Pendidikan Kesadaran Bermedia. Yogyakarta: Kanisius
Kitab Hukum Kanonik. 2012. Judul III Pendidikan Katolik ( Bab I Sekolah) dalam
Kitab Hukum Kanonik. Jakarta: Konferensi Waligereja Indonesia. Konferensi Waligereja Indonesia. 2012. Iman Katolik. Yogyakarta: Kanisius
Mukhtar, 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
Payong, MR. Juli 2014. Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Katolik (APTAK). Vol. 3(2): 267-270
Padmoharsono. 2003. Toleransi Melestarikan Rekonsiliasi. Jakarta: CV. Celesty Hieronika.
Silalahi, U. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: pt Refika Utama. Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Widi, RK. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.