MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA PELAJARAN AGAMA KATOLIK
Keywords:
media audio visual, motivasi belajar.Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis media audio visual yang dapat memengaruhi motivasi belajar peserta didik serta manfaat media audio visual dalam pembelajaran. Hal ini didasarkan pada kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang ditandai dengan kurangnya perhatian atau konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan media audio visual dan motivasi belajar, serta mengumpulkan beberapa penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Untuk meningkatkan motivasi motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dengan penggunaan media belajar dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah media audio visual. Media audio visual merupakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, dengan minat tersebut peserta didik dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran agama Katolik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk terus belajar, serta dengan menggunakan media audio visual dalam pelajaran agama Katolik dapat membantu peserta didik untuk mengenal nilai-nilai rohani Katolik dan dapat membantu peserta didik untuk lebih menghayati serta dapat bertindak sesuai dengan nilai tersebut, selain itu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Amin, S. 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: Yayasan PeNa
Anggraeni, Adinan. 2010. Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Motivasi Peserta didik Mengikuti Layanan Informasi Belajar dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMPN 1 Semarang. Skripsi dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bambang, L. Husain, S. dan Rede, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Biologi di Kelas VII A SMP GKST Emanuel Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Taduloko. 4 (1). 23 – 28.
Damayanti, Meilinda. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Geografi Materi Pokok Lingkungan Hidup untuk Membangun Berkelanjutan pada Peserta didik Kelas XI IIS SMAN 3
Semarang Tahun Ajaran 2015/206. Skripsi dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Satu Nusa.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fujiyanto, A. Jayadinata, A dan Kurnia, D. 2016. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup. jurnal Pena Ilmiah. 1(1). 841 – 851.
Haling, dkk. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Makasar: Badan Penerbit UNM Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Harjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Irham, M dan Wiyani, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Jihad, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kustandi, C. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maria, Rossi. 2019. Pengaruh Media Video Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V dalam Pendidikan Agama Katolik di SD Katolik St. Yohanes Don Bosco Palangka Raya. SKRIPSI tidak dipublikasikan. Palangka Raya: STIPAS Tahasak Danum Pambelum.
Munadi, Y. 2010. Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Refrensi.
Natalia, Ratna. 2017. Peranan Penggunaan Media Film terhadap Minat Peserta didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMP Stella Duce 2 Yogyakarta. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Paus Paulus VI. 2005. Evangelii Nuntiandi (Mewartakan Injil). Jakarta: Konferensi WaliGereja Indonesia.
Paus Yohanes XXIII. 1993. Dokumen Konsili Vatikan II ( Inter Mirifica). Jakarta: Konferensi Waligereja Indonesia
Paus Yohanes XXIII. 1993. Dokumen Konsili Vatikan II (Gravissimum Educationis). Jakarta: Konferensi Waligereja Indonesia.
Purwono, J., Yutmini, S., Anitah, S. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2), 127 – 144.
Rusman dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makasar: Badan Penerbit UNM Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sidi, J dan Mukmina. 2016. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 15 (1). 53 – 72.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. 2(2). 30 – 46.
Supriatini. 2017. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra. 1 (1). 45 – 51.
Syamsuddin, A. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosada Karya. Uno, H B. 2015. Teori Motivasi dan Pengukuran. Makasar: Badan Penerbit UNM Utami, Santi. 2019. Efektivitas Media Video dalam Pendidikan Agama Katolik di SDK Sang Timur Yogyakarta. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Wahab, R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Granfindo Persada
Wahyuningrum, P. E. W. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya. Jurnal Jumpa. 5 (2). 45 – 53.
Wahyuningsih, Novinda. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Film Dokumenter terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas VII SMP Pangudi Luhur 1 Kalibawang, Kulon Progo. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Wati, E. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Yulia. D dan Arifin, M. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Historia. 10 (1). 31 – 45.