PROGRAM PASTORAL PENDAMPINGAN KORBAN BULLYING
Keywords:
Bullying, Program Pastoral, kekerasan.Abstract
Tulisan ini bertujuan membantu mengurangi kasus bullying supaya tidak berlanjut. Tulisan ini menggunakan metode studi pustaka yang pengumpulan informasi serta data dari berbagai macam sumber yang ada di buku, jurnal, dokumen, Koran, majalah, internet, dan masih banyak lagi. Semua informasi tersebut dikumpulkan dan terbentuklah landasan teori.
Bullying merupakan suatu tindakan dimana seseorang/kelompok melakukan penindasan seperti menyakiti, menghina, memukul, hingga
merundungi seseorang dengan kekerasan. Banyak faktor yang menyebabkan aktivitas bullying sering terjadi mulai dari penampilan fisik hingga sifat seseorang yang dianggap berbeda dari yang lainnya. Banyak orang yang menganggap bahwa bullying merupakan hal yang menyenangkan karena hanya sebatas bercanda, namun di balik itu semua,
bullying dapat memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan.
Penulis menawarkan sebuah program yang dapat mendampingi korban bullying serta membantu mengurangi kasus bullying. Adapun program pastoralnya adalah rekoleksi dan konseling. Program rekoleksi diberikan secara umum bagi semua remaja yang duduk di bangku SMP. Sedangkan program konseling diberikan secara pribadi bagi remaja yang menjadi korban bullying.
Dengan demikian, program pastoral pendampingan korban bullying dapat menjadi sarana bagi Gereja agar dapat membantu mengurangi kasus bullying supaya tidak berlanjut.
References
Azwar, Welhendri dan Yuli Permata. 2017. Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Padang: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.
Diananda, Amita. 2018. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Tangerang: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.
Goa, Loren. 2018. Pelayanan Pastoral Bagi Sesama Yang Membutuhkan.
Malang: Jurnal Kateketik dan Pastoral.
Gunawan, Widodo. 2018. Pastoral Konseling: Deskripsi Umum dalam Teori dan
Praktik. Ungaran: Jurnal ABDIEL.
Kurniasih, Nia. 2012. Pengaruh Pola Pergaulan Siswa Terhadap Prestasi Belajar
Siswa. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kusmaryanto. 2010. Diktat Kuliah Etika Medis. Yogyakarta: FTW.
Munawaroh, Eem dan Mulawarman. 2016. Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Muslim, Asrul. 2013. Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Makassar: Jurnal Diskursus Islam.
Ningrum, Virgia dan Choirul Anam. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal bersama Keluarga. Yogyakarta: EMPATHY.
Pande Pailang, Herianto. 2012. Membangun Spiritual Remaja Masa Kini
Berdasarkan Amsal 22: 6. Makassar: Jurnal JAFFRAY.
Pritha Amanda, Maudy dkk. 2017. Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan
Remaja. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Rohmawati, Fransisca. 2015. Sumbangan Pendidikan Agama Katolik di Sekolah
Negeri terhadap Keterlibatan Hidup Menggereja Siswa di SMP 4
Purworejo, Jawa Tengah. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.
Salma, Anna. 2010. Studi Deskriptif Kualitas tentang Perilaku Seks Pranikah di Kalangan Remaja Surakarta. Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret.
Wardhana, Katyana. 2014. Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta: Sudah
Dong.
Wulandari, Ade. 2014. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Semarang: Jurnal Keperawatan Anak.
Yusuf dan Fahrudin. 2012. Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan
Intervensi Sosial. Semarang: Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Zain Zakiyah, Ela dkk. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam
Melakukan Bullying. Banten: Jurnal Penelitian dan PPM.