KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR WILAYAH WAYUN PALU REJO

Authors

  • Maria Lidya Agustina Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Fransiskus Janu Hamu Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Timotius Tote Jelahu Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Widya Ariyani Politeknik Pratama Kendal

Keywords:

kompetensi profesional, guru agama Katolik, kegiatan belajar mengajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penting bagi seorang guru agama Katolik memiliki kompetensi profesional dalam dirinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar dan sebagai seorang pendidik. Diharapkan seorang guru agama Katolik bertanggung jawab atas tugas mulia yang dipercayakan kepadanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan  tiga cara  yaitu,  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Untuk teknik analisis data diperoleh menggunakan model interaktifdengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Ada 10  informan  dalam  penelitian  ini,  kesepuluh  informan  dibagi  menjadi  empat bagian yaitu, guru agama Katolik, kepala sekolah, murid dan pastor paroki. Langkah-langkah penelitian meliputi   percakapan dengan informan, profil informan, penentuan tema, refleksi, implikasi, sintesis, dan prospek atau kemungkinan yang terjadi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru agama Katolik   memahami tugas dan kewajiban mereka sebagai seorang guru. Namun,  mereka tidak begitu menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam diri mereka sebagai seorang guru. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sebagai seorang guru yaitu dengan mengikuti berbagai macam kegiatan dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Professional. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. H & Muljono, Pudji. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, Iman. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Metode. Jakarta: PT bumi Aksara.

Hamu, Fransiskus Janu. 2011. “Kompetensi Guru Agama Katolik” dalam Jurnal Sepakat, Vol.1 No.1.

Johar, Rahmah dan Hanum, Latifah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rojai & Romadon Maulana Risa. 2013. Panduan Sertifikasi Berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Dunia Cerdas.

Soetopo, Hendyat. 2013. Sisi-sisi Lain Kebijakan Propessional Guru. Malang: Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Bagong & Sutinah. 2007. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Uno, Hamzah & Koni, Satria. 2013. Assessment Pembeljaran. Jakarta Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2013. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jambi: Referensi (GP Press Group).

Laporan Bulanan SDN Ugang Sayu Desa 1 (MS), 2019. Laporan Bulanan SDN Ugang Sayu Desa 2 (MS), 2019. Laporan Bulanan SDN Ugang Sayu Desa 3 (MS), 2019.

Downloads

Published

2021-05-22

How to Cite

Maria Lidya Agustina, Fransiskus Janu Hamu, Timotius Tote Jelahu, & Widya Ariyani. (2021). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR WILAYAH WAYUN PALU REJO. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 7(1), 72–82. Retrieved from http://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/45