PENANAMAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wiwit Aris Pranata Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Timotius Tote Jelahu Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

Keywords:

Nilai Karakter, Pendidikan Agama Katolik.

Abstract

Dalam  penulisan  skripsi  ini,  penulis  membahas  tentang  penanaman karakter melalui pendidikan agama Katolik di sekolah dasar. Penulisan skripsi ini melihat  pentingnya  pendidikan  agama  Katolik  untuk  menanamkan  karakter kepada siswa. Penulis melihat bahwa kurangnya penanaman nilai karakter di sekolah sehingga banyak siswa yang kurang sopan dan tidak menghargai guru dan siswa lainnya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi pustaka yang menelaah tentang teori-teori nilai-nilai karakter dan pendidikan agama Katolik.

Pendidikan Agama Katolik merupakan pendidikan yang dapat membuat siswa  semakin  mengenal  imannya.  Pendidikan  Agama  Katolik  sangat  efektif untuk penanaman nilai karakter karena inti dari pendidikan Agama Katolik adalah penanaman nilai-nilai yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter. Penanaman nilai karakter melalui pendidikan agama Katolik sangan efektif, karena dalam pendidikan Agama Katolik memuat nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa.

References

Aeni, Nur Ani. 2014. “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif

Islam”. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1): 50-58.

Amanda, B., Ardanita & Diharjo, R. F. 2016. Pembentukan Karakter Anak

Melalui Pendidikan Agama. https://lobikampus.blogspot.com/2016

/06/pembentukan-karakter-anak-melalui.html(diunduh 18 juli 2020).

Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building Bagaimana

Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Adhin, Fauzil. 2006. Positive Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan

Karakter Positif Pada Anak Anda. Bandung: Mizan.

Barnawi & Arifin, A. 2013. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan

Karakter. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, C Asri. 2011. Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, Februari 2011, Th XXX, No.1.

Dapiyanta & Kasmudi, M. D. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.

Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI. 1993. Dokumen Konsili Vatikan

II. Terjemahan Hardawiryana. R. Jakarta: DOKPEN KWI

Desstya, Anatri. 2010. “Peguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui

Pembelajaran IPA”. ISBN: 978-602-70471-1-2

Dwi A, Hendra Alexander. 2016. “Peran Pendidikan Agama Katolik di Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Inklusivitas Siswa-Siswi Katolik di SMU Negeri Yogyakarta”. Jurnal Kependidikan, 28(2): 165-187.

Erlina. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasaan Sosial Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa kelas V SDS Amaliah Ciawi Bogor”. Jurnal Pendidikan Dasar 7(1).

Http://kbbi.web.id//tanam (Diunduh 02 Mei 2020)

Http://vinsenpatn.wordpress.com/2012/12/03/pendidikan-agama-katolik/ (Diunduh 02 Mei 2020).

Https://parokicitraraya.org/2017/01/05/pentingnya-pendidikan-agama-katolik-di- sekolah/ (Diunduh 03 Mei 2020).

Lembaga Biblika. 2016. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta: Lembaga Alkitab

Indonesia.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun

Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Qomariyah. S., Bagaskorowati. R., & Sarkadi. 2017. “Karakter Peserta Didik Melalui Modifikasi Perilaku Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2): 1-

Ridwan, Muhamad. 2012. Menyemai Benih Karakter Anak. dari http://www. adzzikro.com

Samani, M & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari. G. C. G & Wilhelmus. O. R. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Metode Diskusi Kelompok Berbantu Audiovisual Bagi Siswa Kelas V Sdk Santo Bernardus Madiun”. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 18 (9) : 58-68.

Shoimah, L. Sulthoni, & Soepriyanto, Y. 2018. “Pendidikan Karakter Melalui

Pembiasaan di Sekolah Dasar”. Jurnal JKTP 1(2): 169-175.

Siswati., Utomo. C. B., Muntholib. A. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018”. Indonesian Journal of History Education, 6 (1), 2018: p.1-13

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) No. 20 tahun 2003 bab 1 pasal 1 ayat 1.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) No. 20 tahun 2003 bab 2 pasal 3.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm. 34.

Zulkapadri, Syahrial. 2014. Pendidikan karakter dan Pendidikan Akhlak (Studi Perbandingan). At-Ta‟dib Hurnal Kependidikan, Vol 9, No 1, Juni 2014. Ponorogo: ISID Pondok Modern Darussalam Gontor.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Fakultas

Psikologi UGM.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban

Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Wiwit Aris Pranata, Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum, & Timotius Tote Jelahu. (2020). PENANAMAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SEKOLAH DASAR. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 6(2), 111–123. Retrieved from http://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/42