PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENCIPTAKAN SEMANGAT BELAJAR SEKAMI

Authors

  • Herbi Kriswanto Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Paulina Maria Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Greget Widhiati Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Keywords:

anak SEKAMI, media audio visual, semangat.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas tentang pentingnya penggunaan media audio visual dalam menciptakan semangat belajar anak sekami. Penulis melihat bahwa banyak anak sekami  yang tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan sekami karena mereka merasa bosan dan tidak tertarik dengan apa yang dilihat, didengar, dan dilakukan selama proses kegiatan berlangsung. Teristimewa anak-anak  sekami  yang  berada  di  stasi-stasi  yang  terpencil  atau  jarang  ada kegiatan SEKAMI. Hal ini terlihat dari jumlah keaktifan anak sekami yang kurang aktif.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi pustaka yang menelaah tentang teori-teori media, teori audio visual, teori semangat belajar dan SEKAMI. Penelitian ini juga memberikan usulan program yang dapat digunakan oleh para Pembina sekami dalam pembinaan menggunkan media audio visual.

Media merupakan alat bantu yang dapat digunakan seorang Pembina SEKAMI untuk menyampaikan materi pembinaan untuk anak SEKAMI. Media yang efektif dalam pembinaan iman ialah media audio visual. Media audio visual merupakan media yang memadukan unsur gambar dan suara. Penggunaan media audio visual dalam kegiatan SEKAMI dapat membantu anak SEKAMI untuk lebih mengenal peristiwa-peristiwa masa lampau dan dapat meningkatkan semangat belajar anak SEKAMI

References

Ainina, Indah Ayu. 2014. “Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah”. Indonesian Journal of History education. 3(1): 40-45.

Aran, Alfonsus Mudi. 2013. Materi Pokok Katekese Audio Visual/Media Pembelajaran Pak dalam http://alfonsusmudiaran.blogspot. com/2013/09/ (Diunduh 2 Mei 2020).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Bagiyowinadi, Didik. 2009. Bekal Untuk Pendamping Bina Iman

Anak.Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama Cipta

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa. Hal. 40.

Effendy, Mohammad Hafid & Maryamah. 2019. “Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di Ma Al-Falah Tlanakan Pamekasan”. Jurnal Tadris Bahasa Indonesia. 1(1) Hal:1-9.

Fujiyanto, Ahmad., Jayadinata, Asep Kurnia., & Kurnia, Dadang. 2016. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup”. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1):

-849.

Komisi Kepausan. 1971. Communio Et Progressio: Instruksi Pastoral tentang alat-alat Komunikasi Sosial yang diterbitkan sesuai arahan Konsili Ekumenis Vatikan II untuk Komunikasi Sosial. Terj. Suparman, Andreas.

Jakarta: Departemen Dokumentasi Dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia.

Lembaga Biblika. 2016. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan, 1(1):24-44.

Paulus VI. Imbauan Aspostolik Evangelii Nuntiandi (EN). Terj J. Hadiwikarta.

Jakarta: Departemen Dokumantasi dan Penerangan KWI. 2015.

Paulus, Yohanes. 1979. Catechesi Tradendae (Penyelenggaraan Katekse): Anjuran Apostolik kepada para uskup, klerus dan segenap umat beriman tentang ketekese masa kini. Terj. Robert Hardawiryana. 2011. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.

Prasetya. L. 2008. Dasar-dasar pendamping iman anak. Yogyakarta : Kanisius

Purwono, Joni., Yutmini Sri,. & Anitah, Sri. 2014. “Penggunaan Media Audio- Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan”. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2): 127 – 144.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Ruslan. 2015. Pengertian Tentang Semangat. http://www.ruslani.com/pengertian- tentang-semangat.html (Diunduh 24 Mei 2020).

Sanaky. 2010. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Sekami Mataram. 2009. Sejarah Sekami. http://sekamimataram.blogspot.com/2009/09/sejarah-sekami.html. (diakses pada tanggal 24 mei 2020).

Sidi, Jatmiko & Mukminan. 2016. “Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP”. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 15(1): 52-72.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Sudrajat, Akhmad. 2020. Tentang Pendidikan http//www.wordpressakhmadsudrajar.com/Akhmad Sudrajat Let’s Talk About Education.htm (Diunduh 2 Mei 2020).

Suleiman, Amir Hamzah. 1985. Media Audio-visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Team Karya Kepausan Indonesia Purwokerto. 2017. Bahan Pendampingan Bina Iman Anak.

Wahyuningrum, Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersoanal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya”. Jurnal Jumpa, 5(2):45-53.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Zulfiana, Affrida Susanti. 2015. Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran. Skripsi.

Downloads

Published

2021-05-22

How to Cite

Herbi Kriswanto, Paulina Maria, Silvester Adinuhgra, & Greget Widhiati. (2021). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENCIPTAKAN SEMANGAT BELAJAR SEKAMI. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 7(1), 42–56. Retrieved from http://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/40