PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SD KATOLIK SANTO YOHANES DON BOSCO PALANGKARAYA

Authors

  • Rossi Maria Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Fransiskus Janu Hamu Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya
  • Silvester Adinuhgra Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

Keywords:

Media Video, Minat, Pendidikan Agama Katolik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media video terhadap minat siswa kelas V dalam proses pembelajaran pendidikan agama Katolik. Media video adalah salah satu alat bantu guru, yang dapat menjembatani guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menampilkan materi pembelajaran PAK yang dikemas kedalam bentuk video dan video yang sudah ada kaitannnya dengan materi pembelajaran PAK.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode observasi dan metode tes.  Populasi  pada  penelitian  ini  adalah  siswa-siswi  kelas  V  Katolik  Santo Yohanes Don Bosco Palangkaraya dan siswa-siswi kelas V.A V.B dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan hasil belajar siswa kelas V.A dan V.B. Setelah data diperoleh,  kemudian  data  diuji  dengan  uji  t  atau  uji  beda  untuk  mengetahui apakah hasil observasi dan hasil belajar siswa yang sudah diperoleh benar-benar valid dan reliable sehingga dapat digunakan untuk analisis selanjutnya.

Dari hasil uji hipotesis observasi dan hasil belajar siswa dibuktikan bahwa ada terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya. Hasil penelitian dengan analisis data observasi menunjukan bahwa dari data yang telah dianalisis pada tahap sebelumnya menggunakan rumus uji t atau uji beda, hasil observasi adalah sebesar

4,438. Hasil tersebut lebih besar dari 2,919. Maka Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik St Don Bosco Palangka Raya. Dari data yang telah dianalisis pada tahap sebelumnya menggunakan rumus uji t atau uji beda, hasil tes adalah sebesar 3,214. Hasil tersebut lebih besar dari 2,919. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik St Don Bosco Palangka Raya.

 

References

Aedi, Nur. 2010. Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan. Jakrta: Universitas Pendidikan Indonesia

Afifuddin & Saebani Ahmad Beni. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Al-Farisi & Juanengsih. 2014. Penggunaan media pembelajaran video Untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa Pada konsep sistem reproduksi manusia. Jakarta: yudha_alfarisi@yahoo.com

Andi, Prastowo. 2002. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hendry. 2019. Teknik Pengumpulan Data Online. Diakses melalui

Https://teorionline.wordpress.com, 01 Juni 2019.

Heryatno, Wulung Wono, F.X. 2008. Pokok-pokok Pendidikan Agama Katolik di

Sekolah. Yogyakarta: Yayasan BP Basis.

Huda, Fatkhan Amirul. 2016. “Pengertian dan Definisi Kajian Pustaka”. Diakses

melalui. http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-definisi-kajian-pustaka/. 29

April 2019.

Hujair, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba

Hurlock, Elizabeth . 1978. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta : Erlangga

Indrawan & Yaniawati. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manejemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Kimbal, Rahel Widiawati. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Indrustri Kecil

Sebuah Studi Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Komisi Katetektik KWI. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.

Jakarta: Kemendikbud RI

Mudyahardjo, Redja. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Nasution, Hamni Fadlilah. 2015. Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padang sidimpuan.

Nizwardi & Anisiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prasetyo & Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Cipta

Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukotjoatmodjo. 1995. Pendidikan Agama Katolik. Jakarta: Ditjen Bimas Katolik

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenadamedia Group

Syamsudiin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

Triatmo, Agis. Iman Katolik, Media Informasi dan Sarana Katekese. Diakses

melalui. http://www.imankatolik.or.id/khk.php?q=793-804. 1 Juni 2019

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses melalui. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. 17 agustus 2019

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 2013. Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Utami, Santi. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Pendidikan

Agama Katolik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Utaminingtyas, Siwi. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri Panjatan, Panjatan, Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wirdana & Zulnuraini. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil

Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Inti Tondo Palu. Yogyakarta: Diakses melalui. adhy.thomaz@gmail.com. 19 Agustus 2019.

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Rossi Maria, Fransiskus Janu Hamu, & Silvester Adinuhgra. (2020). PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SD KATOLIK SANTO YOHANES DON BOSCO PALANGKARAYA. Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik, 6(2), 98–110. Retrieved from http://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/25