PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI SD KATOLIK SANTO YOHANES DON BOSCO PALANGKARAYA
Keywords:
Media Video, Minat, Pendidikan Agama Katolik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media video terhadap minat siswa kelas V dalam proses pembelajaran pendidikan agama Katolik. Media video adalah salah satu alat bantu guru, yang dapat menjembatani guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menampilkan materi pembelajaran PAK yang dikemas kedalam bentuk video dan video yang sudah ada kaitannnya dengan materi pembelajaran PAK.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode observasi dan metode tes. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V Katolik Santo Yohanes Don Bosco Palangkaraya dan siswa-siswi kelas V.A V.B dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan hasil belajar siswa kelas V.A dan V.B. Setelah data diperoleh, kemudian data diuji dengan uji t atau uji beda untuk mengetahui apakah hasil observasi dan hasil belajar siswa yang sudah diperoleh benar-benar valid dan reliable sehingga dapat digunakan untuk analisis selanjutnya.
Dari hasil uji hipotesis observasi dan hasil belajar siswa dibuktikan bahwa ada terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik Santo Don Bosco Palangka Raya. Hasil penelitian dengan analisis data observasi menunjukan bahwa dari data yang telah dianalisis pada tahap sebelumnya menggunakan rumus uji t atau uji beda, hasil observasi adalah sebesar
4,438. Hasil tersebut lebih besar dari 2,919. Maka Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik St Don Bosco Palangka Raya. Dari data yang telah dianalisis pada tahap sebelumnya menggunakan rumus uji t atau uji beda, hasil tes adalah sebesar 3,214. Hasil tersebut lebih besar dari 2,919. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media video terhadap minat belajar siswa SD Katolik St Don Bosco Palangka Raya.
References
Aedi, Nur. 2010. Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan. Jakrta: Universitas Pendidikan Indonesia
Afifuddin & Saebani Ahmad Beni. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-ruzz Media.
Al-Farisi & Juanengsih. 2014. Penggunaan media pembelajaran video Untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa Pada konsep sistem reproduksi manusia. Jakarta: yudha_alfarisi@yahoo.com
Andi, Prastowo. 2002. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendry. 2019. Teknik Pengumpulan Data Online. Diakses melalui
Https://teorionline.wordpress.com, 01 Juni 2019.
Heryatno, Wulung Wono, F.X. 2008. Pokok-pokok Pendidikan Agama Katolik di
Sekolah. Yogyakarta: Yayasan BP Basis.
Huda, Fatkhan Amirul. 2016. “Pengertian dan Definisi Kajian Pustaka”. Diakses
melalui. http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-definisi-kajian-pustaka/. 29
April 2019.
Hujair, Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba
Hurlock, Elizabeth . 1978. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta : Erlangga
Indrawan & Yaniawati. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manejemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Kimbal, Rahel Widiawati. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Indrustri Kecil
Sebuah Studi Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Komisi Katetektik KWI. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.
Jakarta: Kemendikbud RI
Mudyahardjo, Redja. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Nasution, Hamni Fadlilah. 2015. Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padang sidimpuan.
Nizwardi & Anisiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prasetyo & Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Cipta
Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukotjoatmodjo. 1995. Pendidikan Agama Katolik. Jakarta: Ditjen Bimas Katolik
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenadamedia Group
Syamsudiin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Triatmo, Agis. Iman Katolik, Media Informasi dan Sarana Katekese. Diakses
melalui. http://www.imankatolik.or.id/khk.php?q=793-804. 1 Juni 2019
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses melalui. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. 17 agustus 2019
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 2013. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.
Utami, Santi. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Pendidikan
Agama Katolik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Utaminingtyas, Siwi. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri Panjatan, Panjatan, Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wirdana & Zulnuraini. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Inti Tondo Palu. Yogyakarta: Diakses melalui. adhy.thomaz@gmail.com. 19 Agustus 2019.