PENDAMPINGAN PASTORAL BAGI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Keywords:
Pendampingan Pastoral, Orang Tua, Anak Berkebutuhan Khusus.Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk melihat pentingnya pendampingan pastoral bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dan mengetahui model pendampingan pastoral yang perlu diterapkan. Hal ini didasarkan pada sulitnya penerimaan oleh orang tua terhadap hadirnya Anak Berkebutuhan Khusus dalam rumah tangga mereka.
Tulisan ini dikaji dengan menggunakan metode kepustakaan. Dengan bersumber pada buku, jurnal, kitab suci, dan dokumen Gereja, data siswa yang diambil dari salah satu sekolah luar biasa dan sumber lainnya yang mendukung penulisan ini.
Berdasarkan hasil kajian penulis, disimpulkan bahwa peranan pendampingan pastoral terhadap orangtua anak berkebutuhan khusus sangat besar. Dengan pelayanan pastoral para orang tua mampu untuk menerima Anak Berkebutuhan Khusus dalam rumah tangga mereka. Pendampingan pastoral untuk orang tua dari Anak Berkebutuhan Khusus diharapkan menjadi tanggung jawab Gereja karena salah satu dari seluruh anggota Gereja ialah keluarga yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Pendampingan pastoral ini diharapkan mampu memberi penguatan kepada orang tua serta keluarga dalam merawat, membimbing, menuntun serta memenuhi keperluan Anak Berkebutuhan Khusus
References
Anggraini. 2013. “Persepsi Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Deskriptif Kuantitatif Di Sdlb N.20 Nan Balimo Kota Solok)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1: 258 – 259
Astrida. 2016. Peran Dan Fungsi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/BAN YUASIN/pfyl1341188835.pdf (Diunduh 4 mei 2020) Desiningrum. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain
Devinswalalayo. 2019. Pengertian Teologi Pastoral menurut para Ahli. http://devinswalalayo16.blogspot.com/2019/07/pengertian-teologi-
pastoral-menurut.html (Diunduh 4 Mei 2020)
Goa, Loren. 2018. “Pelayanan Pastoral Bagi Sesama Yang Membutuhkan”.
Jurnal SAPA 3(1): 107 – 125.
Gunawan, Widodo. 2018. “Pastoral Konseling: Deskripsi Umum Dalam Teori
Dan Praktik”. Jurnal ABDIEL. 2(1): 85-104.
Hiryanto. 2017. “Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam
Pemberdayaan Masyarakat”. Jurnal Dinamika Pendidikan. 22 (1): 65-71
Jailani, Syahran. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang
Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Islam. 8 (2):
-260.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1990. Jakarta : Balai Pustaka.
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 2013. Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi Pendampingan (Orang Tua, Keluarga, dan Masyarakat). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. http://dapo. dikdas men.kemdikbud.go.id diakses 5 mei 2020
Konferensi Waligereja Indonesia. 2008. Dokumen Konsili Vatikan II. Terjemahan
R. Hardawiryana. Jakarta: Obor
Kusmaryanto. 2016. “Health Pastoral Care”. Jurnal Teologi 5(11) 94-104. Lembaga Alkitab Indonesia Jakarta. 2014. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta:
Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia.
Lidanial. Problematika Yang Dihadapi Keluarga Dari Anak Dengan Intellectual
Disability (STUDI ETNOGRAFI). https://media.neliti.com/media/pub
lications/139127-ID-problematika-yang-dihadapi-keluarga-dari.pdf
(Diunduh 5 juli 2020)
Lie, Jonathan. 2009. “Efektivitas Pendampingan Personal Terhadap Perkembangan Kecakapan Emosional Anak Luar Biasa di SLB-C Sang Timur Ciledug Tangerang”. Skripsi: Program Studi Ilmu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Mesakh, Besly. J.T. 2018. “Menuju Pelayanan Pastoral yang Relevan dan
Kontekstual”. Jurnal Theologia In Loco. 1(1): 22-39.
Nugroho. 2017. “Pendampingan Pastoral: Sebuah Usulan Konseptual Pembinaan
Warga Gereja”. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 1 :
-154.
Rahma, Eva. 2015. Peran Orangtua dan Keluarga untuk Anak Berkebutuhan Khusus. https://www.slideshare.net/varahma/essay-peran-orangtua-dan- keluarga-untuk-anak-berkebutuhan-khusus (Diunduh 8 mei 2020).
Setiawan, Andi., Suryaningsih & Solina, Emmy. Peran Orang Tua Terhadap Anak
Berkebutuhan Khusus Di SLBN Bintan. http://repository.umrah.ac
.id/771/1/JURNAL.pdf (diunduh 12 juni 2020)
Siregar. 2013. “Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak”.
Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA. 1 (1): 11-27
Spiritualitas Awam sebagai Imam, Nabi, dan Raja. https://santopauluspku.word press.com/2017/12/17/spiritualitas-awan-sebagai-imam-nabi-dan-raja/. (Diunduh 7 Juli 2020).
Tirtayani. 2017. “Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Pada
Lembaga-Lembaga Paud Di Singaraja, Bali”. Jurnal Proyeksi. 12 (2): 21-
Wahib. 2015. “Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak”.
Jurnal Paradigma, 2 (1): 2